Puncak HUT Kota Singaraja ke-415 Pentaskan Tari Rejang Renteng Massal

Singaraja, koranbuleleng.com| Pertunjukkan tari Rejang Renteng secara massal akan mewarnai Puncak HUT Kota Singaraja ke-415, 30 Maret 2019 mendatang. Pentas akan dilaksankaan usai parade budaya di sepanjang jalan Veteran, Jalan Ngurah Rai. Ada ribuan penari yang dilibatkan. Masing-masing desa di Buleleng akan mengerahkan sekitar 50 penari.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Buleleng akan menggelar sejumlah kegiatan serangkaian dengan ulang tahun Kota Singaraja kegiatan Lomba, hingga kegiatan social, termasuk menyelanggarakan hiburan bagi Masyarakat Buleleng. Ulang tahun ke-415 ini, pihak panitia lebih memilih nuansa semangat persatuan. Itupun dilukiskan dalam tema yang diusung yakni “Bersatu Merangkai Warna Nusantara”.

Menurut Asisten Admintrasi Umum Setda Buleleng Gede Suyasa, pemilihan teman tersebut terinspirasi dari Nusantara yang dibangun dari berbagai warna, bukan perseorangan tapi banyak warna dan komunitas.

Mantan Kadisdikpora Buleleng ini juga melihat jika nilai persatuan mulai terkikis. Sehingga dengan mengangkat tema tersebut, Buleleng ingin membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan Bangsa dan dirasakan oleh seluruh Nusantara.

“Mari jadikan HUT Kota Singaraja sebagai bagian keberagaman untuk menunjang Persatuan dan Kesatuan Bangsa,” ucap Suyasa dalam jumpa pers HUT Kota Singaraja ke-415, Selasa 12 Maret 2019.

Terkait dengan pertunjukan parade Tari Rejang Renteng Masal melibatkan sekitar 7.000 lebih penari dari seluruh desa di Buleleng.  

Sekretaris Dinas (Sekdis) Kebudayaan Buleleng, Made Sudiarba mengatakan, pemilihan Tari Rejang Renteng untuk dipentaskan secara masal pada puncak HUT Kota Singaraja itu, sesuai dengan hasil workshop di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya Denpasar. Dimana dalam workshop itu, muncul wacana untuk menjadikan Rejang Renteng sebagai Tari Wali atau Tari Sakral.

“Karena keputusannya belum ada, makanya kami pentaskan sekaligus sosialisasikan Rejang Renteng, dan berharap Buleleng menjadi pionir untuk menjadikan Tari Rejang Renteng sebagai Tari Wali,” Ujarnya.

Selain tarian massal, beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan menyemarakkan HUT Kota Singaraja ke-415 yaitu turnamen Futsal, Jalan Sehat, Lomba Olah Raga Tradisional, Parade Budaya, Lomba Busana Endek, dan kegiatan hiburan. |RM|