Giri Prasta Gelontorkan Bantuan Rumah Layak Huni di Bali Aga

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana dan Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa, beserta pengusaha Ajik Cok Krisna disambut meriah oleh warga Desa Tigawasa

Singaraja, koranbuleleng.com | Sepanjang jarak sekitar 25 meter, warga di Desa Tigawasa sudah berjejer di kanan dan kiri jalan desa yang akan menyambut Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta ke desa itu. Kedatangan Giri Prasta terasa begitu istimewa dengan sambutan seperti itu, Kamis 14 Maret 2019.

Kedatangannya untuk membawa bantuan bedah rumah melalui Bantuan Keuangan Khusus (BKK). BKK ini bersumber dari penyisihan 15 persen dana PHR (Pajak Hotel dan Restoran) Kabupaten Badung.

Yang terbanyak, di Desa Tigawasa, Giri Prasta mencairkan dana BKK untuk 263 unit bedah rumah. Masing-masing unit nilainya Rp50 juta, tanpa dipotong pajak.  Di Desa Pedawa, memberikan bantuan bedah rumah sebanyak 134 unit bedah rumah.

Total bantuan bedah rumah yang diserahkan di kedua desa itu sebanyak 397 unit dengan nilai bantuan mencapai angka yang cukup fantastis, yakni Rp.19.850.000.000.

Tentunya, warga dari dua desa di Bali aga itu bahagia mendapatkan kucuran bantuan. Kebahagiaan warga Desa Tigawasa diungkapkan dengan penyambutan terhadap Giri Prasta yang meriah. Mereka menyambut Giri Prasta di kanan dan kiri jalan dengan gaya tangan dicakupkan di depan dada. Banyak juga warga yang mengajaknya berselfi ria saat menginjakkan kaki di Desa Tigawasa.

Warga Desa Tigawasa tampak semakin bahagia, ketika Bupati Badung tak malu-malu untuk bernyanyi diatas panggung menghibur warga desa setempat.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Tigawasa, Made Suadarmayasa mengakui bahwa warganya sedang berbahagia dengan kucuran bantuan bedah rumah dari Bupati Badung.

Dalam prosesnya nanti, bantuan bedah rumah ini akan diawasi secara ketat agar tepat sasaran.

“Pembangunannya diawasi oleh BPD untuk menjaga komitmen mengamankan bantuan yang diterima agar tepat sasaran, diterima oleh warga yang layak menerima. Nantinya, kalau ada warga yang sudah mendapatkan dana rehab akan diganti oleh warga yang memang belum mendapatkan bantuan,” terang Suadarmayasa.

Bupati Badung I Nyoman Giriprasta menyerahkan bantuan bedah rumah kepada warga di Desa Tigawasa secara simbolis

Sementara itu, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menyatakan bantuan yang digelontorkan ke Buleleng ini selaras dengan Pola Pembangunan Semesta Berencana. Dimana Presiden Joko Widodo focus melakukan pembangunan Nusantara dari wilayah pedesaan.

Giri Prasta mengingatkan bahwa dibalik bantuan ini juga ada komitmen yang sangat baik diantara kepala daerah untuk bersama-sama membangun Bali.  

Bukan hanya di Buleleng, Pemkab Badung juga menggelontorkan bantuan yang sama di daerah lain seperti di Desa Muntigunung, Kabupaten Karangasem sebanyak 450 unit bedah rumah.  

Badung mempunyai program “Badung Angelus Buana”, yang artinya Badung berbagi, dari Badung untuk Bali. Dari situlah, Giri Prasta mengaku mempunyai komitmen untuk membantu wilayah lain di Bali.

Sementara seorang warga Desa Tigawasa, Made Puniasa mengaku sangat terbantu dengan bantuan bedah rumah dari Pemkab Badung. Pihak desa telah melakukan pendataan terhadap warga di Desa Tigawasa. “Dulu yang mendata langsung dari desa,” katanya.

Sementara itu, Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana mengatakan bantuan dari Pemkab Badung ini akan memberikan manfaat untuk pengentasan kemiskinan di Buleleng. “Tentunya, kami akan memanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Agus.

Agus menjelaskan bahwa kondisi desa-desa di Bali Aga kini sudah jauh berubah. Infrastruktur jalan sudah baik sehingga komunikasi diantara warga juga semakin baik. “Warga di SCTPB ini penuh persahabatan, dan potensi alam di desa-desa di Bali aga ini sangat bagus,” ucapnya. |NP|