Vaksinasi Massal, Warga Dihimbau Bawa Anjing ke Puskeswan terdekat

Vaksinasi anjing |Foto : Dok Koran Buleleng|

Singaraja, koranbuleleng.com | Desa Banjar, Kecamatan Banjar menjadi pusat pencanangan vaksinasi anjing secara massal di Kabupaten Buleleng, Jumat 14 Maret 2019.

Vaksinasi massal ini dilakukan dalam rentang waktu Maret hingga April 2019. Masyarakat di seluruh Buleleng yang mempunyai peliharaan anjing diminta untuk membawa ke masing-masing Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) terdekat di daerahnya masing-masing.

Pelaksana tugas Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, Made Sumiarta mengatakan pemerintah menyiapkan sekitar 21.400 vaksin. Sementara populasi anjing di Buleleng mencapai 107.033 ekor. Target vaksinasi yang akan dilakukan yakni 70 persen dari total populasi mencapai 74.923 ekor.  

“Himbauan kami agar masyarakat membawa anjingnya untuk divaksin karena tanpa dipungut biaya. Setelah itu harus diikat sehingga kasus gigitan ini bisa ditekan,” ujar Sumiarta, Kamis 15 Maret 2019.

Sumiarta menjelaskan, saatini ada sekitar 6 desa yang masuk dalam zona merah rabies, diantaranya Desa Cempaga, Desa Banyuseri, Desa Banjar, di Kecamatan Banjar. Dan Desa Unggahan, Desa Munduk Bestala dan Desa Kalianget di Kecamatan Seririt. |NP|