Napak Tilas Mengenang Kejayaan Panji Sakti

Singaraja, koranbuleleng.com | Sebanyak 53 regu mengikuti Napak tilas Panji Sakti serangkaian dengan Peringatan HUT Kota Singaraja ke-415. Start dimulai dari Pura yeh Ketipat, Desa Wanagiri dan berakhir di Monumen Bhuwana Kerta, Desa Panji, Selasa 19 Maret 2019.

Napak tilas ini diselenggarakan untuk mengenang dan menghormati sejarah perjalanan Anglurah K I Barak PAnji Sakti hingga mampu mendirikan kerajaan Buleleng sebagai cikal bakal Singaraja saat ini.

- Advertisement -

Napak tilas dibuka langsung oleh Asisten Bidang Administrasi Pemerintahan Setda Kabupaten Buleleng Putu Karuna, SH .

Putu Karuna berharap generasi muda memahami sejarah perjalanan kota singaraja serta menjadikan acuan untuk dapat berperan serta memajukan Buleleng kedepannya.

“Ini untuk meningkatkan spirit kebesaran Panji Sakti kepada generasi muda,” ujar Putu Karuna.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng, Ir. Gde Darmaja, M.Si mengungkapkan napak tilas ini diselenggarakan untuk mengenang perjuangan dari pendiri Kota Singaraja yaitu Ki Barak Panji Sakti.  

- Advertisement -

Perjuangan ini tidak boleh dilupakan. Oleh karena itu, perjuangan tersebut diingatkan setiap tahunnya tentang kegigihan dari pendiri Kota Singaraja. “Beliau membangun kota Singaraja dengan gigih sehingga dalam kehidupan sekarang perjuangan pembangunan tidak ada yang mudah,” ungkapnya.

Mantan Kepala Bappeda Litbang ini menambahkan selain pengenalan, napak tilas ini juga diselenggarakan sebagai upaya pelestarian dan pengembangan nilai-nilai perjuangan yang ada agar seluruh masyarakat khususnya generasi muda tetap ingat dengan sejarah lahirnya Kota Singaraja. “Penggalian-penggalian nilai perjuangan juga dilakukan dalam napa tilas ini,” tutup Darmaja. |NP/r|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts