Orasi Damai dan Teatrikal di Bawah Tugu Singa Ambara Raja, Kecam Terorisme

Singaraja, koranbuleleng.com| Aliansi Pemuda Indonesia (API) Singaraja menggelar aksi damai di depan Tugu Singa Ambara Raja. Aksi dilakukan untuk mengajak masyarakat menciptakan Pemilu aman dan damai, serta mengecam aksi terorisme yang terjadi di New Zealand.

Puluhan mahasiswa dari beberapa organisasi kemahasiswaan di Buleleng dan tergabung dalam Aliansi Pemuda Indonesia (API), melaksanakan aksi damai Jumat, 22 Maret 2019 di Tugu Singa Ambara Raja Singaraja. Mereka melakukan aksi dengan membawa spanduk, yang bertuliskan mengecam aksi terorisme yang terjadi di Selandia Baru, mengecam aksi terorisme, termasuk mengajak masyarakat di kabupaten Buleleng untuk melaksanakan Pemilu 2019 secara aman dan damai.

- Advertisement -

Untuk ajakan menciptakan Pemilu aman dan damai, mereka membentangkan spanduk bertuliskan tolak golput, hoax, dan politik intoleran.

Sementara untuk pengecaman aksi terorisme dan radikalisme, selain membawa spanduk, mereka juga melakukan aksi teaterikal di depan maskot Kota Singaraja tersebut.

Dalam kegiatan itu, API menyampaikan tiga pernyataan sikap. Yang pertama, serangan terhadap jamaah di dua masjid dan di pinggiran Linwood yang terjadi pada hari jumat 15 maret 2019 yang menewaskan puluhan orang, merupakan murni tindak kejahatan terorisme dan kami mengecam keras aksi tersebut. API menyampaikan duka cita yang mendalam kepada para korban dan keluarga korban.

Selain itu, API juga menolak paham terorisme, intoleran, dan radikalisme dalam bentuk apapun yang dapat mengancam demokrasi serta keberadaan dan kehidupan banyak manusia di seluruh Dunia. Sementara pernyataan sikap terakhir, API mengajak segenap elemen Bangsa mulai dari Lembaga Pemerintahan hingga masyarakat sipil, untuk menjunjung tinggi perdamaian dan menjaga kerukunan antar warga negara demi menjaga keutuhan warga negara Indonesia.

- Advertisement -

“Tentunya dengan memelihara sikap toleransi yang didasari rasa persaudaraan, serta ikut di dalam terwujudnya pemilu aman dan damai tahun 2019,” ujar koordinator aksi Diki Wahyudi.

Sementara itu, setelah melaksanakan aksi damai di depan Tugu Singa Ambara Raja, puluhan mahasisa tersebut selanjutnya melaksanakan kegiatan di Gedung DPRD Buleleng. Mereka diterima Sekretaris DPRD Buleleng Dewa Ketut Manuaba didampingi Kabag Humas Made Supartawan. Usai menyampaikan pernyataan sikap, mereka selanjutnya melakukan orasi di Kantor Bupati Buleleng. Selama melaksanakan aksi damai, mereka mendapatkan pengamanan dari Jajaran Polres Buleleng dan juga Satpol PP Buleleng. |RM|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts