ASN Ucapkan Ikrar Netralitas dalam Pemilu

Singaraja, koranbuleleng.com |  Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Sekretariat Daerah (setda) Kabupaten Buleleng mengucapkan ikrar pernyataan sikap netralitas Pemilu 2019. Pembacaan ikrar dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Dewa Ketut Puspaka saat apel di halaman kantor Bupati Buleleng, Selasa 2 April 2019.

Ikrar ini tertuang dalam Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri Nomor  800/2620/SJ tentang Ikrar Pernyataan Sikap Aparatur Sipil Negara. 

- Advertisement -

Jadi, Ikrar ini sebagai tindak lanjut dari arahan Menteri Dalam Negeri dalam rangka mewujudkan dan menegakkan sikap netralitas ASN dalam Pemilu serentak 17 April 2019. Ikrar ini juga sebagai strategi  menjaga stabilitas wilayah di seluruh Indonesia.

Dalam Ikrar tersebut ASN menyatakan mendukung suksesnya Pemilu dan Pilpres tahun 2019 demi terwujudnya sistem pemerintah presidensiil yang semakin efektif.

 ASN juga menolak segala bentuk kampanye yang bermuatan kebencian, fitnah, dan ujaran yang bermuatan sara serta hoax.  

Selain itu, ASN menyatakan mendukung serta mendorong kampanye yang bermartabat dan beretika, serta lebih mengedepankan adu program-adu konsep-adu gagasan sebagai bagian dari pendidikan politik yang bermartabat.  

- Advertisement -

Dan yang terpenting adalah ASN mengikrarkan diri untuk menjaga netralitas serta profesionalitas ASN dalam menyalurkan hak dan kewajiban politiknya secara bertanggung jawab. 

Dewa Ketut Puspaka, menjelaskan Ikrar tersebut harus dilaksanakan karena merupakan instruksi langsung dari Menteri Dalam Negeri sebagai bagian dari profesionalisme dari  ASN. 

“Itulah ikrar  yang diucapkan bersama-sama ASN Setda yang tentunya harus dilaksanakan di SKPD lain,” ujar Puspaka. 

Sementara itu salah seorang ASN, Ketut Suwarmawan, S.STP,MM menyatakan siap melaksanakan ikrar tersebut.

Pria yang menjabat sebagai Kabag Humas Setda Pemkab Buleleng, ini menyatakan seluruh ASN di jajaran Setda Buleleng akan menjaga netralitas menghadapi Pemilu serentak tahun 2019 ini, sebagai wujud profesionalisme ASN.

“Harapannya seluruh ASN mampu menjaga situasi aman dan kondusif karena ini merupakan instruksi langsung, kami akan melaksanakannya,” pungkasnya. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts