Logistik Pemilu Dikirim Secara Bertahap

Distribusi Logistik Pemilu dilakukan secara bertahap

Singaraja, koranbuleleng.com| Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng mulai mendistribusikan kelengkapan logistik Pemilu 2019 secara bertahap ke seluruh desa dan kelurahan di Buleleng. Targetnya, H minus 1, seluruh logistic sudah sampai di semua TPS. Pendistribusian kelengkapan logistic pemilu dilaksanakan KPU Buleleng secara bertahap yakni sejak 14 hingga 16 April 2019.

Pengiriman logistik dilakukan oleh rekanan KPU yakni PT Pos Indonesia. Saat pengiriman, dilakukan pengawalan oleh aparat kepolisian.  

Untuk dihari pertama, Desa dan Kelurahan yang akan menjadi sasaran yakni yang ada di Kecamatan Seririt, Gerokgak, dan Kecamatan Sukasada. Di hari kedua, distribusi akan menyasar Desa di Kecamatan Banjar, Busungbiu, dan Kecamatan Sawan. Sedangkan di hari ketiga akan menyasar Desa dan Kelurahan di Kecamatan Buleleng, Kubutambahan, dan Kecamatan Tejakula.

Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Buleleng Made Sumertana menjelaskan, untuk pendistribusian kelengkapan logistik, KPU Kabupaten Buleleng bekerjasama dengan PT Pos Indonesia. Setiap hari, pendistribusian akan melibatkan 15 armada berupa truck. Nantinya, kelengkapan logistik ini akan langsung diturunkan di masing-masing Desa dan Kelurahan di Buleleng.

“Aturannya h-1 semua kelengkapan logistik sudah harus di TPS, tapi demi keamanan kita turunkan dulu di Desa dan Kelurahan. Nanti teknis PPS dan KPPS yang mengatur untuk dibawa ke TPS,” jelasnya.

Sementara itu, Wakapolres Buleleng Kompol Rony Riantoko mengatakan, untuk pengawalan pendistribusian kelengkapan logistik, melibatkan Babinkamtibmas dibantu dengan Babinsa dari TNI, termasuk beberapa personil yang ditugaskan di masing-masing Desa dan Kelurahan. Nantinya, pengawalan akan dilakukan hingga tempat logistik itu diturunkan.

“Pada saat H-1 barulah personil yang pengamanan TPS yang akan mengawal keamanan, total semua 898 personil yang akan mengamankan TPS,” ucapnya. |RM|