Desa Pakraman Buleleng Subsidi Biaya Ngaben Massal

Singaraja, koranbuleleng.com| Desa Pakraman Buleleng rencananya akan memberikan subsidi kepada peserta pengabenan massal tahun 2019. Program ngaben massal ini digelar untuk keduakalinya oleh Desa Pakraman Buleleng.

Klian Desa Pakraman Buleleng Nyoman Sutrisna mengatakan, untuk pembiayaan, Desa Pakraman Buleleng akan memberikan subsidi biaya sekitar 50 persen kepada peserta pengabenan masal. Krama yang akan mengikuti pengabenan dikenakan biaya Rp1.750.000 persawa, untuk ngelungah Rp350 ribu, ngerapuh Rp350 ribu, dan nyekah Rp650 ribu.

Pembahasan rencana ngaben masal tersebut sudah digelar oleh Prajuru Desa akhir pekan lalu. Rapat awal membahas mengenai waktu pelaksanaan, lokasi, dan juga pemuput pengabenan masal.

Dalam rapat itu diputuskan jika ada dua alternatif waktu pelaksanaan yakni Bulan Juni atau Bulan September 2019 mendatang.

Sementara untuk tempat, kegiatan akan dipusatkan di Setra Desa Pakraman Buleleng jalan Gajah Mada Singaraja, dengan dipuput oleh Peranda, Sri Empu, Bhagawan dan Jro Mangku Kayangan Tiga yakni Jro Mangku Dalem.

“Jadi Pengabenan masal untuk yang kedua kalinya ini memang program kerja desa adat, sekaligus menyikapi surat edaran PHDI Provinsi Bali tentang Panca Wali Krama,” jelas Sutrisna.

Panitia akan segera menggelar sosialisasi ke masing-masing Banjar Adat Pakraman melalui Klian Banjar. Pendataan akan langsung dilakuka  oleh Klian Banjar. |RM|