Dewan Pers Verifikasi AMSI Bali Wujudkan Perusahaan Media yang Kokoh

Denpasar, koranbuleleng.com |  Tim Dewan Pers melakukan verifikasi terhadap kepengurusan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) wilayah Bali. Verifikasi ini bertujuan untuk membantu mewujudkan perusahaan media yang kokoh.

Verifikasi bertempat di Kantor Bali Express, yang merupakan salah satu anggota AMSI Bali, Rabu 8 Mei 2019.

- Advertisement -

Rombongan Dewan Pers (DP), dipimpin Jimmy Silalahi langsung melakukan verifikasi terhadap kelengkapan dokumen kepengurusan hingga legalitas anggota AMSI Bali.

Ketua AMSI Bali I Nengah Muliarta melaporkan aktivitas dan keanggotaan AMSI kini berjumlah 17 media siber yang berkantor di Denpasar dan Buleleng.  Untuk kesekretariatam Kantor AMSI Bali bertempat di Kantor Beritabali.com.

“Sejak deklarasi dan kepengurusan terbentuk April 2018, AMSI Bali terus melakukan konsolidasi dan menyiapkan progran kerja dari lima bidang yang ada, sudah dilaksanakan seperti melakukan MoU dengan kampus UNHI dengan diskusi Kamisan serta program literasi digital,” sambung Muliarta, yang juga Pimred Beritabali.com itu.

Setelah mendengar paparan AMSI Bali, Jimmy langsung melakukan checklist, kelengkapan dokumen untuk kepentingan verifikasi administrasi.

- Advertisement -

Semua dokumen berisi alamat kantor, kelengkapan kantor, SK Kepengurusan, staf kesekretariatan AMSI, daftar kepengurusan, aktivitas kegiatan pengurus seperti literasi media dan diskusi, dilakukan pengecekan secara detil.

Dari pemeriksaan diketahui, ada beberapa catatan untuk perbaikan atau revisi, menyangkut pasal 3 tentang maksud dan tujuan, yang harus jelas, menunjukkan sebagai perusahaan pers.

DP menyarankan, agar pasal-pasal tersebut, secara jelas menyebutkan sebagai perusahaan bergerak di bidang pers dan tidak digabung dengan kegiatan usaha lainnya.

“Mengapa pemisahan itu penting, agar nantinya tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari, kita ingin perusahaan pers sebagai konstituen DP, benar-benar layaknya rumah yang tangguh, kokoh sehingga badan hukumnya harus jelas,” imbuh Jimmy.

Semua proses tahapan tersebut, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Jika memang memiliki keseriusan di bisnis media maka demi kebaikan semua, harus diperkuat dari sisi aspek legalitas yakni akta pendirian.

Karena itu, kedatangan DP ke sejumlah daerah di Tanah Air, tak lain ingin membantu mewujudkan terciptanya perusahaan pers yang profesional. DP ingin membantu percepatan bagi perusahaan yang belum memiliki badan hukum PT, agar segera mengurusnya.

“Kami lakukan fungsi pembinaan kepada anggota, spriritnya untuk membantu media online atau siber untuk melengkapi diri dengan persyaratan yang ditetapkan, sesuai aturan,” imbuhnya.

Hal penting lainnya juga ditekankan DP, menyangkut, kompetensi orang yang menjadi penanggungjawab atau pemimpin redaksi di media siber.

Mereka, harus benar-benar memiliki kompetensi di bidangnya dibuktikan dengan sertifikat atau kartu uji kompetensi wartawan (UKW) tingkat utama.

Di pihak lain, Jimmy menambahkan, saat ini DP tengah melakukan pembahasan bersama konstituen DP untuk penyempurnaan perusahaan pers, yang diharapkan bisa segera ditetapkan keputusannya.

Semua persyaratan tersebut yang harus dilengkapi oleh AMSI, tak lain guna mewujudkan perusahaan pers yang kuat kokoh dan profesional. Dengan demikian, mampu menelorkan produk jurnalistik yang bisa dipertanggungjawabkan.

Ditegaskan, DP akan membantu media dalam penyelesaian setiap sengketa pers. Karena itu, dengan perusahaan pers yang profesional dibuktikan, dengan memiliki badan hukum, maka DP lebih mudah dalam membantu mediasi hingga penyelesaian sengketa terkait produk pers.

“Kami serius mendorong teman-teman di semua daerah agar melengkapi diri dengan semua persyaratan yang telah ditetapkan DP sebagai perusahaan pers,” imbuhnya.

Selama verifrikasi berlangsung dalam suasana penuh keakraban dan kahangatan, di mana DP memberikan waktu bagi anggota AMSI untuk segera melengkapi berkas dokumen yang diperlukan sehingga nantinya hasil verifikasi bisa segera disampaikan. **

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts