Pedagang Pasar Tumpah Protes Ukuran Lapak

Singaraja, koranbuleleng.com| Puluhan Pedagang Pasar Tumpah Banyuasri mendatangi Kantor Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Buleleng Jumat, 17 Mei 2019. Mereka datang untuk protes terkait rencana relokasi yang hanya mendapatkan ukuran lapak leih kecil.

Puluhan pedagang tiba di kantor Disdagperin Buleleng sekitar pukul 09.00 wita. Mereka datang sembari melakukan orasi dan protes terhadap kebijakan yang diterapkan PD Pasar Buleleng yang berencana merelokasi para pedagang ke Lambung Timur Terminal Banyuasri.

Protes yang mereka layangkan bukan masalah tempatnya, melainkan karena PD Pasar memberikan ukuran lapak kepada setap pedagang terlalu sempit, yakni dengan ukuran 1X1,5 meter. Padahal, selama ini rata-rata para pedagang memiliki meja berukuran 1X2 meter.

Ukuran lapak untuk pedagang itulah yang dirasakan memberatkan. Telebih lagi kondisi Terminal Lambung Timur lebih kecil, sehingga pedagang khawatir situasi berjualan akan semakin sempit.

“Kami mewakili pedagang untuk bersikeras sih tidak, Cuma kalau bisa kami berharap ukurannya kalau bisa dilebarkan lagi. Kalau dengan ukuran itu pasti akan sangat sempit,” Ujar coordinator Pedagang Jro Made Purna.

Sementara tu, menyikapi aspirasi para pedagang Pasar Tumpah Banyuasri, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Buleleng Ketut Suparto tidak bisa berbuat banyak. Ia bahkan mengakui jika lokasi lambung timur terminal untuk tempat relokasi pedagang pasar tumpah tidak ideal.

Namun dalam kesempatan itu, Suparto meminta kepada para pedagang untuk bisa memaklumi untuk sementara waktu, selama proses revitalisasi Pasar Banyuasri tuntas dikerjakan hingga tahun 2020 mendatang.

“Itu memang langkah satu-satunya agar semuanya bisa merata kebagian tempat. Mohon dibantu supaya program revitalisasi Pasar Banyuasri bisa berjalan lancar. Kalau sudah selesai tahun 2020 mereka akan mendapat tempat yang lebih bagus,” jelasnya.

Mendengar penjelasan tersebut, puluhan pedagang Pasar Tumpah Banyuasri pun bisa menerimanya. Pun demikian mereka juga meminta agar selama ditempatkan di lokasi sementara (Relokasi,red), PD Pasar menjamin tidak aka nada pedagang baru yang ikut berjualan di lambung timur terminal Banyuasri. |RM|