I Made Arta Saputra, Usung Prinsip Kebersamaan Dalam Membangun Desa

Singaraja, koranbuleleng.com | Pengalamannya dalam mengawal demokrasi, tak bisa diragukan. Pria ini, salah satu putra terbaik Desa Tamblang, I Made Arta Saputra yang sudah malang melintang dalam dunia pengawasan Pemilu ataupun Pilkada.

Di setiap hajatan demokrasi, dia selalu hadir menjadi pejuang demokrasi untuk mengabdikan diri mengawal kebenaran dalam setiap proses tahapan Pemilu dan Pilkada. Dia berpengalaman sebagai anggota dalam Panitia Pengawas Pemilu di Kecamatan Kubutambahan. Aktifitasnya di Panwaslu memberikan nilai yang tinggi dalam mengelola organisasi dan birokrasi serta pergaulan sosial. 

- Advertisement -

Kini, Dia akan ambil bagian dalam kompetisi pemilihan perbekel Desa Tamblang periode 2019 – 2025.  Prinsip dan semangat kebersamaan bersama masyarakat dalam membangun desa, yang membuatnya untuk mengambil keputusan mengikuti kompetisi pemilihan perbekel desa Tamblang.

Arta mengaku, pengabdian dirinya di beberapa lembaga karena terinspirasi filosopi kepemimpinan dari Ki Hajar Dewantoro, Ing ngarso sun tulodo, Ing madyo mangun karso, Tut wuri handayani.

Pria yang akrab disapa Dudek ini tinggal di Banjar Dinas Kaja Kauh Desa Tamblang,Kecamatan Kubutambahan sudah menyiapkan visi dan misi untuk membangun desa Tamblang ke depan.

Visinya kedepan untuk desa Tamblang adalah Terwujudnya Desa Tamblang Yang Tentram,damai, maju,makmur, dan Berkeadilan.

- Advertisement -

Misinya,  melanjutkan program yang telah dilaksanakan oleh Pemerintahan Desa Tamblang periode lalu, sesuai dengan Dokumen RPJMDes Desa Tamblang, Memberdayakan semua potensi yang ada di masyarakat, meliputi pemberdayaan sumber daya manusia (SDM), pemberdayaan sumber daya alam, dan pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan, dan mengembangkan ekonomi kreatif di pedesaan.

Menciptakan situasi dan kondisi Desa Tamblang  yang  aman, tertib, guyup, dan rukun  dalam kehidupan bermasyarakat dengan berpegang pada prinsip-prinsip duduk sama rendah berdiri sama tinggi, ringan sama dijingjing berat sama di pikul serta membangun sinergisitas yang terintegrasi pada kepentingan Desa.

Melakukan optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan Desa Tamblang, meliputi penyelenggaraan pemerintahan yang transparan dan akuntabel, pelayanan kepada masyarakat yang prima yaitu cepat, tepat, ramah, dan benar, serta pelaksanaan pembangunan yang berkesinambungan dan mengedepankan partisipasi dan gotong royong masyarakat.

 “Dan sebuah prinsip dasar kebersamaan dalam kehidupan sosial di Bali adalah salunglung sabayantaka paras paros sarpanaya,tan hana dharma mangrue.hal itupula yang akan menjadi pijakan jika dipercaya oleh masyarakat nanti,” kata Dudek.

Dudek sendiri telah mendaftarkan drinya sebagai salah satu calon perbekel Desa Tamblang di secretariat Panitia Pemilihan Perbekel Desa Tamblang, Rabu 22 Mei 2019.|NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts