Pemkab Buleleng dan Indosat Jalin Kerjasama Bangun Infrastruktur Smart City

Penandatanganan kerjasama pembangunan infrastruktur smart city antara Pemkab Buleleng dengan PT Indosat

Singaraja, koranbuleleng.com | Pemkab Buleleng dengan PT Indosat menandatangani perjanjian kerjasama untuk pembangunan infrastruktur teknologi smart city di Kantor Bupati Buleleng, Kamis 23 Mei 2019.  Kerjasama ini juga terkait dengan penunjukan Indosat sebagai salah satu pendamping untuk menuju 100 smart city di Indonesia.

Pemkab Buleleng diwakili langsung oleh Bupati Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST dan dari Indosat diwakili oleh Chief Bussiness Officer Indosat, Intan Abdams Katopo.

Kerjasama ini yang pertama kali dilakukan antar kedua belah pihak. Pemkab Buleleng sedang merancang upaya pembangunan bidang teknologi dengan membuat Buleleng Command Centre. Ini menjadi babgian terintegrasi dari Program Pemkab Buleleng untuk menjadikan Singaraja smart city.

“Yang jelas dengan bimbingan dan asistensi dari mereka kita menuju smart city, masyarakatnya yang cerdas dan siap untuk mulai memikirkan dengan cara millennial dengan revolusi industri 4.0,” jelasnya.

Menurut Bupati, ada beberapa hal yang dapat dipetik dari penandatanganan kerjasama ini. Pertama adalah corporate social responsibility (CSR) dari Indosat. Dengan bantuan ini, proses dan akselerasi pembangunan di Kabupaten Buleleng dalam rangka smart city dan e-government dapat dilaksanakan dengan lebih baik.  

Kedua adalah peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan asistensi dari Indosat. Dengan adanya SDM yang menguasai teknologi informasi ini bisa bermanfaat bagi Pemkab Buleleng.

“Karena dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang terus akan berkembang, pembangunan bisa lebih cepat,” ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kominfosandi) Kabupaten Buleleng, Dr. Drs. I Ketut Suweca, M.Si.

Sementara itu, Intan Abdams Katopo menyebut kerjasama ini merupakan implementasi dari penunjukan Indosat sebagai salah satu pendamping untuk menuju 100 smart city di Indonesia. Untuk itu, Indosat dengan segala kemampuan akan melakukan pendampingan ataupun asistensi di Kabupaten Buleleng pada program infrastruktur dan alat pemantauan. “Asistensi ini pada akhirnya akan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di Buleleng ini,” sebutnya.

Bentuk kerjasama yang akan dijalin adalah Indosat dan Pemkab Buleleng bersama-sama menyusun masterplan pengembangan kota pintar. Salah satu indikatornya adalah kota pintar akan terhubung internet secara keseluruhan. “Teknologi juga akan kita kembangkan seperti pemantauan lalu lintas dan command center,” tutup Intan Abdams Katopo. |NP|/R|