Perbaikan Traffic Light Simpang Penarukan Dikerjakan

Singaraja, koranbuleleng.com | Kerusakan traffic light di simpang Penarukan, Singaraja sudah dalam proses perbaikan. Perbaikan dilakukan oleh Pemerintah Pusat melalui pihak ketiga darihasil peleangan atau tender proyek perbaikan lampu TL. Perbaikan ini merupakan paket jalur nasional Kota SIngaraja sampai dengan batas kota Amlapura, Karangasem dengan nilai Rp1,7 miliar.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Buleleng, Gede Gunawan AP mengatakan sebelumnya pihaknya sudah 14 kali melayangkan surat permohonan perbaikan kepada pemerintah pusat. TL Simpang Penarukan sudah mulai dikerjakan dari tanggal 22 Mei 2019.

- Advertisement -

Kewenangan untuk melakukan perbaikan ada di lembaga Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Balai Transportasi Darat (Transdar) Bali Nusra.  “Kami sudah informasikan dan sudah bersurat 14 kali. Setelah itu ada lampu hijau dari Kemenhub yang memastikan bahwa pada tahun 2019 semua kerusakan akan diganti,” jelasnya.

Perbaikan TL simpang Penarukan beserta yang lainnya sampai ke batas kota Amlapura telah masuk dalam Dokumen Penggunaan Anggaran (DPA) Kemenhub. Tendernya dimenangkan PT Mortexdi bulan Februari 2019 lalu.  

“Nilainya Rp. 1,7 Milyar. Satu paket sepanjang batas kota Singaraja, Kubutambahan sampai ke batas kota Amlapura, Karangasem,” ujar Gunawan.

Gunawan mengungkapkan pembongkaran TL yang rusak pada tanggal 22 Mei 2019. Kemudian pemasangan beton rangka tiang TL. Secara teknis pemasangan beton rangka TL menunggu kering. Setelah itu, kelistrikan dan jaringan diperbaiki. “Alatnya sudah ada, tinggal pasang saja,” ungkapnya.

- Advertisement -

Mantan Kepala Bagian Humas dan Protokol ini pun menghimbau kepada masyarakat yang melintas di simpang Penarukan agar tetap berhati-hati selama perbaikan. Himbauan ini diberikan mengingat pada simpang Penarukan pada pagi sampai siang hari merupakan jalur lalu lintas yang sangat padat karena disitu ada pusat bisnis, sekolah dan terminal serta menjadi akses utama menuju pusat kota.  

“Oleh karena itu, kami himbau untuk selalu berhati-hati jika melintas. Kami juga sudah usulkan ke Pemerintah Pusat agar dibuatkan yellow box disana,” tutup Gunawan. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts