BEM Undiskha Gelar Latihan Kepemimpinan Cetak Bibit Pemimpin Berkarakter

Singaraja, koranbuleleng.com | Badan Eksekutif Mahasiswa Republik Mahasiswa Undiksha menggelar Ganesha Leadership. Yakni pelatihan kepemimpinan yang diikuti oleh sejumlah aktifis kampus pengelola organisasi kemahasiswaan setempat. Pelatihan ini digelar untuk menumbuhkan insan mahasiswa intelektual yang berkarakter, serta mampu menjadi aktifis kampus yang bisa menjalankan roda organisasi secara profesional. Outputnya diharapkan bisa mencetak bibit-bibit pemimpin yang berkualitas dan berkarakter.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yang bertempat di Gedung Seminar Umum Undiksha dan Agro Puncak Bukit Catu,  Bedugul. Acara ini berlangsung pada Sabtu dan Minggu, 15-16 Juni 2019 diikuti oleh peserta delegasi Ormawa Undiksha, diantaranya UKM, Bem Fakultas, dan HMJ.

- Advertisement -

Serangkaian dengan kegiatan tersebut, di hari pertama dilaksanakan Pelatihan Pedoman Administrasi Kesekretan dan acara dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III Undiksha Prof. Dr. I Wayan Suastra., M.Pd.

Dalam sambutannya Suastra mengatakan, untuk meningkatkan prestasi akademik dan non akademik mahasiswa, salah satunya melalui perantara Ormawa di lingkungan Undiksha, agar dapat mengajak ikut serta mahasiswa lainnya berprestasi.

Dalam agenda kegiatan Ganesha Leadership, BEM REMA Undiksha juga mengadakan Pelatihan Pedoman Praktis Administrasi Kesekretariatan dengan tujuan menyamakan struktur administrasi Ormawa di lingkungan Undiksha, Sharing Kegiatan Ospek Mahasiswa Baru (Kegiatan OKK), Sharing Kepemimpinan dan Organisasi Kemahasiswaan, Kegiatan Malam Keakraban, dan keguatan Outbond.

“Tujuan kegiatan ini untuk melaksanakan program kerja BEM REMA Undiksha dan menumbuh kembangkan intelektual berkarakter sejak dini.” Ujar Putu Eka Mas Pradipa Putra, selaku Ketua Panitia.

- Advertisement -

Salah satu pemateri, NI Made Emy Suryani mengungkapkan bahwa dalam membuat Panduan Praktis Administrasi Kesektetariatan ini mengadopsi susunan administrasi Lembaga dan Ristekdikti.

“Dengan tujuan menyamakan struktur surat untuk seluruh Ormawa di Undiksha. Namun disesuaikan kembali dengan intensitas penggunaan jenis surat yang digunakan di Undiksha. Selain itu, kami akan melakukan revisi kembali sesuai dengan masukan-masukan yang diterima sebelum resmi di tetapkan.” Jelas Ni Made Emy Suryani.

Bagi peserta, Ganesha Leadership ini bermanfaat untuk kehidupan berorganisasi di dalam kampus. Bukan sekedar untuk berbaur sesama mahasiswa dan pengurus organisasi kemahasiswaan, namun lebih dari ada pelajaran dan pengalaman yang nantiny abisa diterapkan dalam dunia pekerjaan setelah lulus dari kampus.

 “Tadi sempat diberikan materi mengenai PPAK (Panduan Praktis Administrasi Kesektetariatan), jadi kita bisa menggunakan materi tersebut dalam membuat administrasi yang benar di Ormawa dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita.” Ujar, Ni Putu Corina Metha Sari, selaku peserta kegiatan Ganesha Leadership.

Selain itu, I Made Ginastra selaku Presiden Mahasiswa BEM REMA Undiksha mengatakan, adanya pelatihan ini untuk mendukung program Lomba Administrasi Kesekretariatan (LAK) yang dilombakan serangkaian kegiatan Dies Natalis Undiksha mendatang dan secara khusus akan memperebutkan medali dalam ajang tersebut, peserta juga diminta untuk bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini sampai akhir acara.

Ginastra juga menerangkan Ganesha Leadership Ormawa Undiksha diharapkan mampu menjalin hubungan kebersamaan yang baik satu sama lain dan melatih diri untuk menjadi sosok pemimpin masa depan bangsa.  “Melalui sharing-sharing ilmu yang di berikan, secara tidak langsung peserta dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi, bersosialiasasi, dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang percaya diri.” Pungkasnya. |C2/April/KB|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts