Generasi Milenial Sidatapa Ngayah Untuk Kemajuan Desa Melalui SEC

Singaraja, koranbuleleng.com | Sejumlah anak muda generasi milenial Desa Sidatapa, Kecamatan Banjar melakukan tergabung dalam wadah komunitas Sidatapa English Corner (SEC).

Mereka adalah relawan atau volunteer yang secara sukarela memberikan pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak desa Sidatapa, Jumat 5 Juli 2019.

- Advertisement -

Proses belajar mengajar non formal ini mengambil lokasi di wantilan Balai Banjar Lakah, dihadiri langsung birokrat muda, Sekretaris Kecamatan Banjar, Cok Aditya WP. Sementara, pesertanya adalah anak-anak usia pendidikan SD, SMP dan SMA untuk mengikuti kegiatan englis corner.

Meski pembelajaran hanya dua jam lebih, tetapi peserta terlihat sangat antusias belajar bahasa Inggris.

Terlebih lagi saat itu relawan dari Sidatapa English Corner mendatangkan tamu wisatawan asing untuk mengajar.

Sidatapa English Corner berdiri 19 Januari 2019 lalu dengan tujuan membangun anak-anak muda khsusus desa Sidatapa agar mampu menguasai dan pasih berbahasa inggris. Mengingat dulunya anak muda desa cukup sulit untuk bekerja.

- Advertisement -

“Dengan diajarkan anak-anak di desa sejak dini bahasa Inggris secara otomatis mereka akan mudah bekerja. Apalagi lagi Bali lebih terkenal dengan dunia pariwisata dan peluang kerja bekerja sangat memungkin,” kata Ketua English Corner Sidatapa Komang Rena.

Rena menerangkan kegiatan ini sudah berjalan enam bulan, dan para pengajar dari Sidatapa English Corner selama ini tidak pernah meminta bayaran.

“Kami sifatnya (ngayah) membantu membangun desa,” ujar Rena.

Rena mengatakan sistem pembelajarannya beragam. Ada para relawan ada yang mendatangi langsung ke rumah penduduk menyasar secara perorangan anak.

Ada yang belejar secara berkelompok atau beramai-ramai di wantilan desa. Bahkan pihaknya juga meminjam gedung di sekolah untuk mengajar anak dalam berbahasa inggris.

Khusus untuk anak pada jenjang SMA belajar di rumah, agar para peserta secara cepat mampu menguasai berbahasa Inggris.

Sidatapa English Corner ini dibentuk untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Semisal, setelah menguasai bahasa Inggris, anak-anak di Desa Sidatapa bisa mengikuti pelatihan sebagai pekerja kapal pesiar.

“Sampai saat ini, ada sekitar 15 anak Desa Sidatapa yang sudah bekerja ke Kapal Pesiar,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekcam Banjar Cok Aditya WP menjelaskan kegiatan Sidatapa English Corner ini merupakan terobosan anak-anak muda di Desa Sidatapa untuk mensejahterakan masyarakat.

“Saya mendukung sekali terobosan dari anak muda di Desa Sidatapa untuk membangun desa dengan cara yang berbeda, tetap ngayah untuk kepentingan desa,” kata Cok Aditya. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts