Persiapan Bulfest Capai 90 Persen

Singaraja, koranbuleleng.com | Perhelatan Buleleng Festival 2019 sudah mencapai 90 persen mendekati pelaksanaan 6-10 Agustus 2019. Even tahunan yang tahun ini mengusung tema “Shinning Buleleng” mementaskan kesenian Dauh Enjung dan Dangin enjung karya para maestro seniman tari dan karwatian dari Buleleng. Sementara, pementasan untuk entertainment akan menghadirkan guest star, Anji dan Andmesh Kamaleng.

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST bersama Sekda Buleleng, Ir. Dewa Ketut Puspaka, MP,serta sejmlah pejabat lainnya telah melakukan rapat koordinasi persiapan Bulfest 2019 untuk mengetahui segala persiapan pelaksanaan.

- Advertisement -

Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Komang, M.Si menerangkan dukungan-dukungan dari masyarakat dinilai sangat baik selama digelarnya Bulfest yang dimulai sejak tahun 2013 ini.

“Bukan hanya dari masyarakat Buleleng saja yang akan mengisi acara di Bulfest, bahkan ada dari Provinsi lain mengajukan diri untuk ikut terlibat di dalamnya,” jelasnya.

Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Buleleng akan menyelenggarakan seminar terkait seni dan budaya Buleleng yang akan membahas 2 tarian tradisional yaitu tari kebyar legong dan legong tombol, bersama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar. Seminar ini dilakukan mengingat saat pementasan tari di Buleleng, sangat jarang dijelaskan filosofinya, kapan tarian tersebut diciptakan, serta siapa penciptanya.

“Dan seminar ini mendapatkan dukungan penuh dari Bapak Bupati, semoga berjalan dengan lancar,” tambah Gede Komang.

- Advertisement -

Sementara itu, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengatakan penyelenggaraan Bulfest setiap tahunnya harus ada perbaikan dan perkembangan dari sebelumnya. Jika dibedakan dengan tahun-tahun sebelumnya, konsep Bulfest ke-VII ini secara menyeluruh masih sama, tetapi ada beberapa pementasan yang membedakan yakni adanya partisipasi dari Provinsi lain, salah satunya dari Medan.

“Khusus di lingkup Kecamatan itu berbeda, diharapkan agar fokus untuk mengatur kesenian khas yang di miliki oleh masing-masing Kecamatan yang ada di Buleleng,” tutupnya. |R/NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts