Pameran dan Hiburan Rakyat Dikemas Ramah Lingkungan

Singaraja, koranbuleleng.com  Pemkab Buleleng kembali akan menggelar pameran dan malam hiburan Rakyat serangkaian dengan HUT RI ke-74 tahun 2019. Hanya saja, kegiatan yang akan berlangsung di Lapangan Bhuana Patra Singaraja itu akan dikemas ramah lingkungan.

Kemasan ramah lingkungan dalam kegiatan pameran dan malam hiburan Rakyat yang akan berlangsung 14 – 26 Agustus 2019 mendatang itu yakni dengan membatasi penggunaan material berbahan plastik dan juga Styrofoam.

Camat Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara menjelaskan, konsep ramah lingkungan yang dicetuskan itu sesuai dengan Gerakan Semesta Berencana Bali Resik bebas sampah plastik, sebagai implementasi dari Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 97 tahun 2018 tentang pembatasan timbulan sampah plastik.

Nantinya, untuk para pedagang yang terlibat dalam kegiatan di Lapangan Bhuana Patra Singaraja itu akan diminta untuk menggunakan kantong ramah lingkungan. Pun demikian, pihaknya masih memberikan toleransi untuk penggunaan kantong plastic kepada pedagang makanan basah dan minuman termasuk penggunaan pipet.

Sementara untuk penggunaan Styrofoam yang biasanya digunakan untuk materi hiasan dalam pameran termasuk tata panggung akan dibatasi.

Khusus untuk kantong ramah lingkungan lanjut Dody, pihaknya akan menyiapkan untuk nantinya bisa dibeli oleh pedagang yang tidak menyiapkan, sehingga pemanfaatan kantong plastic sekali pakai dalam transaksi di Pameran dan Malam hiburan rakyat bisa dibatasi.

“Saya berpikir ini momen yang bagus untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Kalau kita melakukan sosialisasi kepada masyarakat dari Desa ke Desa cukup memakan waktu. Nah ini ada orang berkumpul dalam jumlah besar sangat strategis untuk mensosialisasikan,” jelasnya dalam Jumpa Pers terkait HUT RI ke-74 di rumah makan Ranggon Sunset.

Menurut Dody, untuk sosialisasi baik kepada pengunjung kepada pedagang, Ia akan melibatkan Forum Anak Daerah yang berasal dari berbagai organisasi peduli lingkungan di Kabupaten Buleleng. Proses edukasi itu akan mereka lakukan selama pelaksanaan kegiatan.

“Jadi nantinya mereka itu akan berkeliling dengan membawa kantung sampah dan penjepit sampah untuk memungut sampah yang berserakan, sekalian juga mereka akan mengedukasi pedagang dan pengunjung. Dan itu dilakukan setiap hari,” ujarnya.

Disisi lain, serangkaian dengan perayaan HUT RI ke-74 di Kabupaten Buleleng, Pemkab menyiapkan sejumlah agenda kegiatan. Beberapa diantaranya ada yang sudah berlangsung seperti lomba gerak jalan, termasuk lomba perahu layar.

Selain itu, sejumlah kegiatan juga masih akan berlangsung yang dikaitkan dengan kegiatan Hiburan Rakyat di lapangan Bhuana Patra. Mulai dari Lomba menangkap itik, menangkap babi, termasuk panjat pinang. |RM|