TWA Buyan Tamblingan Dirancang Jadi Spot Eco Turism

Singaraja, koranbuleleng.com | Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana merancang kolaborasi dengan Badan Konserasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali untuk melakukan pengembangan titik wisata di TWA  Buyan Tamblingan. Taman wisata ala mini dirancang menjadi salah satu destinasi pariwisata alam atau eco tourism. Hal itu juga untuk memperkuat status dari Danau Buyan dan Tamblingan yang telah ditetapkans ebagaikawasan prioritas nasional II oleh pemerintah pusat. 

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST telah berdiskusi tentang hal tersebut dengan Kepala BKSDA Bali, Budhy Kurniawan sambil meninjau kawasan hutan di Danau Buyan, Dusun Dasong, kecamatan Sukasada, Kamis 5 September 2019.

- Advertisement -

Bupati Agus Suradnyana menjelaskan, selama ini pemanfaatan hutan di daerah Dasong belum maksimal dan kualitas dari sisi fungsi hutan menurun.

Untuk itu,  Pemkab Buleleng membuat terobosan bekerjasama dengan BKSDA Bali dan masyarakat dalam upaya konservasi yang tidak harus konservatif seperti pengembangan wisata dengan konsep eco tourism atau wisata alam. “Nantinya kawasan hutan di daerah ini akan dikembangkan eco tourism nya seperti camping groundjogging track, serta kendaraan listrik,” jelasnya.

Lebih jauh ia mengatakan, pengembangan wisata eco tourism dan pariwisata ini akan berdampak juga pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Masyarakat diminta bersama-sama melestarikan lingkungan kawasan hutan agar tetap lestari.

“Kalau bisa nantinya ada kebun bunga di sepanjang jalan, itu merupakan salah satu strategi yang dapat menarik wisatawan,” lanjut Agus Suradnyana. 

- Advertisement -

Sementara itu, Kepala BKSDA Bali, Budhy Kurniawan mengatakan, pihaknya menyambut baik rencana Bupati Buleleng terkait dengan inisiatif dalam pengembangan kawasan hutan buyan dan tamblingan ini. Pihaknya juga mendukung konsep pengembangan kawasan buyan dan tamblingan dengan pemanfaatan wisata dengan konsep eko wisata.

“Saya kira konsep eco tourism ini merupakan konsep yang sejalan dengan Pemerintah Daerah, sehingga ini merupakan peluang yang sangat baik,”ucapnya.

Dirinya juga mengungkapkan, dari sisi perencanaan pengembangan wisata tersebut juga sesuai dengan perencanaan BKSDA Bali dengan Pemerintah Kabupaten untuk pengembangan pariwisata buyan tamblingan berbasis pada lingkungan yang berkualitas. ”Untuk soal ijin kami tindaklanjuti baik dari sisi pemanfaatan kawasan, maupun dalam sisi pelestarian lingkungannya,” pungkas Budhy Kurniawan. |R/NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts