Pemkab Buleleng dan Putera Sampoerna Foundation Jalin Kerjasama Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Singaraja, koranbuleleng.com| Pemerintah Kabupaten Buleleng bersama dengan Putera Sampoerna Foundation melakukan penandatangan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) untuk peningkatan kualitas Pendidikan di Buleleng, Jumat, 6 September 2019.

Penandatanganan Mou itu dilakukan antara Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana dengan  Director of Fundraising Yayasan Putera Sampoerna Elan Merdy.  

- Advertisement -

Peningkatan kualitas pendidikan ini adalah sebuah program dari Sampoerna Foundation yang memfokuskan pengembangan sekolah model yang disebut dengan Lighthouse School Program. Dimana program yang ditawarkan adalah pengembangan Guru, sistem manajemen sekolah, Kurikulum dengan mengadopsi kurikulum Internasional, dan siswa.

“Untuk rekrutmen focus pada guru yang akan berinteraksi, karena itu menjadi kunci melanjutkan sekolah kita. Kalau calon siswanya kita kerjasama dengan Disdikpora Buleleng, nanti akan menjadi satu wilayah menyesuaikan dengan zonasi,” jelas Couporate Affairs and Partner Relations Sampoerna Foundation Ida Bagus Gede Werdhi Putra.

Menurutnya, program peningkatan kualitas pendidikan di Buleleng ini akan menyasar jenjang pendidikan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Nantinya, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng yang akan memberi rekomendasi sekolah mana yang akan menjadi sasaran.

Saat ini, pihak Sampoerna Foundation tengah menyiapkan perencanaan dan assessment, sehingga targetnya tahun 2020 mendatang sekolah ini sudah terealisasi.

- Advertisement -

“Keunikannya adalah sekolah model ini objek utamanya adalah dengan keberhasilan tenaga pendidik tadi, mereka akan bisa mendeseminasikan dalam beberapa forum, dan kurikulumnya juga bisa dimplementasikan di sekolah lainnya,” tegas Ida Bagus Gede Werdhi Putra.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Gde Darmaja mengakui jika pogram yang ditawarkan dalam kerjasama ini sangat baik, utamanya dalam hal peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Buleleng.

Dan sekolah yang akan direkomendasikan adalah SMP Negeri 8 Singaraja yang berlokasi di Desa Kalibukbuk Kecamatan Buleleng. Karena sekolah ini merupakan sekolah termuda, dan dipercaya akan terus berkembang dengan adanya tambahan kurikulum Internasional.

“Nantinya kurikulum yang sudah ada akan ditambah sehingga akhirnya muaranya ada pada mutu keluaran yang berkualitas,” Jelasnya. 

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST menyambut baik program kerjasaa ini, karena ada kesamaan visi misi meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang profesional, berbudaya dan berintergritas. “Harapan kita semua, semoga jalinan kerjasama ini mampu memberikan dampak positif bagi Pendidikan di Buleleng,” ucap Bupati Buleleng. |RM/ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts