Undiksha Dorong Dosen Produksi Jurnal Terakreditasi SINTA

Rektor Undiksha, Prof. Dr I Nyoman Jampel, M.Pd memberikan penghagaan kepada dosen yang juralnya masuk dalam akreditasi SINTA

Singaraja, koranbuleleng.com | Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) memberikan penghargaan kepada sejumlah dosen yang jurnal terakreditasi SINTA atau Science and technology Index), Kamis 19 September 2019. Jurnal yang terakreditasi SINTA ini untuk mendukung perangkingan universitas secara nasional dan internasional.

Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, S.Pd., M.Pd, yang langsung memberikan penghargaan tersebut kepada sejumlah dosen.  

Menurut Jampel, pada tahun 2019 terhitung ada 22 jurnal yang masuk Akreditasi SINTA. Publikasi jurnal sudah dimulai dari tahun 2016, dengan capaian 22 jurnal yang terakreditasi menempatkan Undiksha pada posisi ke-7 dari 12 LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) yang ada di Indonesia.  

Untuk bulan ini sudah ada 50 jurnal yang sedang dalam proses sertifikasi, Jampel berharap secepatnya   terbit sertifikat Sinta, sehingga Undiksha mempunyai 72 jurnal.

Jika itu tercapai, maka Undiksha akan mampu bersaing dengan kampus lain dan tidak akan dipandang sebelah mata walaupun berbasis di daerah pinggiran.  Jampel juga berharap pada tahun ini target seratus jurnal bisa tercapai dan terakreditasi Sinta, sehingga peringkat Undiksha bisa terus naik di skala Nasional maupun Internasional “. “Kalau ini bisa terwujud, Undiksha akan mampu masuk ke peringkat kedua. Ujarnya.

Dengan capaian ini Jampel meminta para dosen untuk tidak berpuas diri, namun berupaya agar dapat menghasilkan artikel yang bertaraf Internasioanal dan mendapat grade yang lebih tinggi “Setiap tahun saya inginkan ada jurnal yang bertaraf Internasional “ Sambungnya.    

Sebagai bentuk motivasi untuk para Pengelola Jurnal, dalam bentuk penghargaan, Undiksha juga akan memerikan biaya dalam pembuatan artikel yang terakreditasi Sinta. Hal itu dilakukan,  karena dalam proses pembuatan jurnal memakan waktu yang cukup lama minimal 6 bulan.

“Ini diharapkan dapat meringankan biaya yang keluar dan dapat mendorong motivasi para pembuat jurnal,” imbuhnya.

Sementara Ketua Pusat Pengembang Jurnal Undiksha, Dr. I Wayan Widiana, S.PD., M.Pd berharap kedepanya banyak Jurnal-jurnal yang terakreditasi  sehingga Undiksha dapat meningkatkan jumlah jurnal yang sudah ada.

Jumlah jurnal yang semakin banyak akan meningkatkan daya saing dengan Universitas-universitas lain. Jurnal–jurnal ini terdiri dari berbagai bidang, mulai dari ilmu pendidikan, sains, ekonomi dan ilmu sosial. 

Pada kesempatan ini juga I Wayan Widiana mendapatkan empat penghargaan yang diberikan langsung oleh Rektor Undiksha Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd. |ET|