Pemkab Buleleng Buka Ruang Promosi Produk Lokal Buleleng

Wakil Bupati Buleeng, dr. Nyoman Sutjidra melihat produksi UKM Buleleng

Singaraja, koranbuleleng.com | Pemkab Buleleng membuka ruang pameran lebih luas untuk memamerkan hasil produksi Usaha Kecil Menengah (UKM) mula dari kerajinan, produksi pangan lokal serta industrai kreatif lainnya. Ruang itu dibangun bukan hanya dalam seremonial tertentu, namun juga di arena pasar pangan lokal, Jumat 11 Oktober 2019 .   

Wakil Bupati Buleleng dr. Nyoman Sutjidra mengungkapkan Pameran Pasar Pangan Lokal memamerkan olahan pangan non beras, hasil pertanian serta produk kerajinan.  Pameran ini melibatkan sejumlah kelmpok wanita tani, industry kreatif dan UKM lainya untuk mempromosikan potensi yang dihasilkan masing-masing industry berskala kecil itu.

“Dengan menampilkan produk-produk UKM yang berkualitas misalkan seperti, beras organik, produk olahan dan kerajinan perak. Nantinya pasar pangan lokal yang diadakan setiap bulan ini akan semakin dicari oleh masyarakat, ” tutur Sutjidra.

Dalam pameran ini juga mendukung upaya pelestarian lingkungan dengan mewajiban penjual dan pembeli menggunakan tas ramah lingkungan. Upaya itu juga sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 97 Tahun 2018, tentang pembatasan timbulan sampah plastik sekali pakai.

“Dengan memakai tas ramah lingkungan atau pengurangan sampah plastik akan mendukung program Pemerintah,” ungkapnya

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Buleleng drh. Nyoman Surya Temaja, MP  mengatakan hasil kerajinan dari barang-barang daur ulang serta produk kain tenun asli Buleleng juga ditampilkan dalam pameran pasar pangan lokal ini.

Kegiatan ini akan rutin dilakukan pada hari jumat diminggu ketiga setiap bulannya, agar dapat memberikan ruang kepada pelaku UKM dan KWT berkesempatan untuk memamerkan hasil olahan pangan, hasil pertanian maupun bentuk kerajinan yang ada di Buleleng.

“Hasil pameran dari KWT sambil mengedukasi agar lebih kreatif lagi untuk menciptakan menu yang berbahan non beras.” Pungkasnya. |R/NP|