5 KK Miskin Transmigrasi ke Sumba Timur

Singaraja, koranbuleleng.com| Sebanyak lima Kepala Keluarga (KK) ikut program transmigrasi ke Sumba Timur, Nusa Tengga Barat. Mereka mengikuti program Pemerintah Pusat untuk merubah pola hidup dan meningkatkan perekonomian keluarga.

Kelima KK Transmigran dari Buleleng itu dilepas secara resmi oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buleleng Ni Made Dwi Priyanti Koriawan di kantor setempat Rabu, 20 November 2019. Sebelum menuju lokasi transmigrasi, Minggu 24 November 2019 mereka akan terlebih dahulu bertolak ke Denpasar untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan dan pemberian perlengkapan, sebelum akhirnya diberangkatkan ke Sumba Timur 25 November 2019 mendatang.

- Advertisement -

Kadisnaker Buleleng Dwi Priyanti menyebut jika peminat program transmigrasi di Buleleng sangat tinggi. Hanya saja, kuota yang diberikan sangat terbatas. Terlebih lagi, tidak sembarang warga bisa mengikuti karena harus dilakukan seleksi. Alhasil untuk tahun 2019 hanya diberangkatkan lima KK saja.

“Sebelum kami menerima pendaftaran, kami cek terlebih dahulu lokasi yang diinfokan dari pemerintah pusat yaitu di Sumba Timur, kemudian baru kami sosialisasikan. Begitu mendaftar, kami seleksi kesiapannya dan kelengkapan dokumennya,” jelasnya.

Kadisnaker Buleleng Dwi Priyanti mengatakan, mereka yang diberangkatkan ke Sumba Timur merupakan keluarga tidak mampu atau miskin. Dengan demikian, diharapkan lima KK ini bisa merubah pola hidup dengan mengembangkan ilmu pertanian. Sehingga derajat keluarganya meningkat termasuk juga perekonomian mereka di daerah Transmigran.

“Kami berharap semoga di Daerah yang baru mereka bisa beradaptasi dengan penduduk lokal di sana, dan tetap menjaga nama baik Buleleng,” ujar Dwi Priyanti.

- Advertisement -

Sementara itu, salah seorang warga transmigran, I Gede Ariyasa asal Desa Galungan, Kecamatan Sawan mengungkapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng. Dengan difasilitasi pemerintah, warga transmigran yang akan menuju Sumba Timur bisa diberangkatkan.

“Tujuan saya bertransmigrasi adalah untuk menambah aset, dan merubah pola hidup yang sebelumnya di kampung, saya sering bermalas-malasan, semoga di daerah yang baru bisa lebih mengembangkan diri,” ucapnya.|RM|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts