Undiksha Kukuhkan Tiga Guru Besar

Singaraja, koranbuleleng.com | Universita Pendidikan Ganesha mengukuhkan tiga guru besar, Selasa 13 Januari 2020. Pengukuhan tiga guru besar ini diharapkan menguatkan Undiksha sebagai perguruan tinggi negeri yang bisa memberikan kontribusi besar bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Tahun 2019, Undiksha juga melepas tiga dosen yang purna bakti, namun dengan pengukuhan tiga orang guru bsar ini, Undiksha tetap menyandang akreditasi A. Tiga guru besar yang dikukuhkan diantaranya, Prof Dr. Ida Bagus Jelantik Swasta, Prof. Dra. Ni Luh Putu Artini, Ph.D, dan Prof. Dr. Ni Made Ratminingsih, M.A  di Gedung Auditorium Undiksha. Acara pengukuhan dipimpin langsung Rektor  Undiksha Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., dengan disaksikan sejumlah civitas akademik Universitas Pendidikan Ganesha.   

- Advertisement -

Sebelumnya, Undiksha telah membentuk tim khusus untuk membantu dosen untuk mempublikasikan artikel-artikelnya di jurnal internasional bereputasi yang menjadi syarat khusus untuk percepatan Profesor dan Lektor Kepala.

 “Di tahun 2020 saya berharap Tim Percepatan Profesor dan Lektor Kepala dapat membantu lebih intens dan sistematis, sehingga bagi teman-teman yang telah lektor kepala dapat segera mengusulkan kenaikan jabatan  ke profesor,” ungkapnya. 

Jampel berharap seluruh dosen juga bisa meningkatkan kualitas diri,memberikan kontribusi dalam pengembangan universitas dan mempercepat mewujudkan visi menjadi universitas unggul berlandaskan falsafah Tri Hita Karana di Asia pada tahun 2045. 

“Saya berharap kontribusi para akademisi  kepada Undiksha dapat membawa universitas ini menjadi universitas unggul dan berdaya saing baik di tingkat nasional maupun internasional,” imbuh Jampel 

- Advertisement -

 Jampel menambahkan  pada tahun 2019 terdapat tiga orang dosen  yang memasuki masa purnabakti. Dengan tambahan 3 Guru Besar sekarang sehingga Undiksha  tetap menyandang akreditasi A.    

Rektor Jampel juga mendorong dosen lain untuk  terus memotivasi diri untuk meningkat kinerja akademiknya baik di bidang pengajaran, penelitian dan publikasi, serta P2M.  sehingga professor bisa terus bertambah.

Sementara itu Prof. Artini Usai pengukuhan  mengatakan perjuangan untuk mendapatkan jabatan tertinggi fungsional ini cukup berat sehingga perlu persiapan yang cukup lama

“Harus mempersiapkan berbagai jenis persyarata, cukup berat dan memang prosesnya butuh waktu cukup lama,” ujar Artini

Dengan dikukuhkanya sebagai guru besar  Artini menyadari akan tanggung jawab yang lebih terutama dalam pemgembangan pendidikan bahasa Inggris. 

“Tentu saya juga harus lebih banyak lagi menghasilkan karya untuk menunjang pendidikan yang lebih baik” imbuhnya. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts