Warga Pancasari Bisa Kelola Danau Secara Mandiri

Singaraja, koranbuleleng.com | Pemkab Buleleng memberikan ruang bagi warga Desa Pancasari mengelola area Danau Buyan untuk kepentingan masyarakat tanpa merusak lingkungan danau.

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana saat menerima sejumlah Perbekel se-Kecamatan Sukasada mengingatkan pelestarian lingkungan menjadi prioritas dalam mengembangkan segala potensi yang ada di Buleleng, salah satunya potensi wisata. Penataan lingkungan akan menjadi magnet untuk meningkatkan daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Buleleng.

- Advertisement -

Detail rencana tata ruang di kawasan danau Buyan bukan dengan tujuan peruntukannya saja, tetapi juga untuk memberikan ruang pada sisi perbaikan lingkungan. “Saya ingin masyarakat pancasari juga bisa menikmati kawasan danau buyan ini secara utuh,” ujar Suradnyana, Senin, 3 Februari 2020.

Namun Bupati berharap warga desa Pancasari bisa menciptakan semangat kebersamaan dalam pengelolaan Danau Buyan. Penataan danau buyan ini memiliki tujuan utama untuk kesejahteraan masyarakat dan pelestarian lingkungan.

Ia juga meminta kepada aparat desa untuk tidak lagi memberikan ijin kapling di daerah koservasi alam. Kondisi perusakan lingkungan akan sangat mempengaruhi ketersediaan sumber air pada wilayah-wilayah yang berada dihilir.

“Saya dukung sepenuhnya rencana pengelolaan yang akan dilakukan oleh warga setempat, dengan catatan tetap menjaga persatuan dan kesatuan antar warga,” tambahnya.

- Advertisement -

Sementara itu, ditemui usai pertemuan, Perbekel Desa Pancasari, I Wayan Darsana didampingi Camat Sukasada I Made Dwi Adnyana, S.STP mengatakan dirinya sangat berterima kasih kepada Bupati Buleleng atas perhatiannya terhadap lingkungan di kawasan Desa Pancasari, khususnya pada penataan Danau Buyan.

Warga Desa Pancasari juga sangat antusias dalam mendukung rencana pembangunan tersebut. Setelah adanya dukungan dari Bupati Buleleng terkait dengan partisipasi warga dalam pengelolaan Danau Buyan secara mandiri dinilai turut menjadi penunjang kemajuan Desa Pancasari.

“Kami sangat setuju, dan tentu akan berupaya untuk terus menjaga lingkungan di kawasan desa kami demi perkembangan potensi di Buleleng,” pungkasnya. |R/NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts