Bupati Yakinkan Seleksi CPNS Tanpa Intervensi

Singaraja, koranbuleleng.com | Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana menegaskan bahwa seleksi kompentensi dasar (SKD) CPNS Kabupaten Buleleng tanpa ada intervensi dari manapaun, termasuk parapejabat. Seleksi ini murni menggunakan porsedur yang sudah ada dari Pemerintah Pusat.

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM)  Buleleng telah melaksanakan sejumlah tahap persiapan.

- Advertisement -

Pelaksanaan tes SKD Kabupaten Buleleng diikuti sebanyak 6227. Seleksi akan mengambil tempat di gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Bali.

Agus Suradnyana menyatakan hasil dari tes benar-benar murni kemampuan dari peserta. “Saya pastikan tidak ada intervensi dalam setiap tahapan tes CPNS ini,” ujarnya.

Suradnyana menambahkan bahwa proses seleksi CPNS sudah semakin baik dari tahun ke tahun.  Selain itu, banyak pihak yang turut memantau jalannya tes.  Sehingga proses dan hasilnya sangat transparan.

“Kualitas semakin baik dan mampu bekerja cepat sesuai tuntutan zaman,” ungkap Bupati Agus Suradnyana.

- Advertisement -

Sementara itu, Kepala BKPSDM Buleleng, Gede Wisnawa, SH yang ditemui sebelum menghadiri sidang di DPRD Buleleng mengungkapkan bahwa sejauh ini persiapan seleksi SKD sudah mencapai 90%. Hari minggu mendatang sehari sebelum tes berlangsung akan diadakan penjajakan kembali lokasi tes oleh panitia.

“Hari ini Kota Denpasar masih melaksanakan tes SKD hingga hari Minggu. Untuk Kabupaten Buleleng, tes akan berlangsung selama empat hari, dimulai dari hari Senin mendatang tepatnya tanggal 10 Februari s.d 13 Februari 2020,” katanya.

Secara teknis juga, dari 6227 total peserta setiap harinya ada 2000 peserta yang akan mengikuti seleksi SKD, dan sisanya dilaksanakan dihari terakhir. Nantinya juga akan ada lima sesi dalam sehari, dan per sesinya diikuti oleh 400 orang peserta.

“Saya mengajak seluruh peserta agar optimis dan yakin pada diri sendiri, jangan percaya terhadap oknum apalagi dengan iming-iming lolos SKD tanpa tes hanya dengan mengeluarkan sejumlah uang,” imbuh Gede Wisnawa.

Gede Wisnawa juga menambahkan bahwasannya Pemkab Buleleng telah mengusulkan 374 formasi CPNS. Namun KemenPAN-RB hanya menyetujuinya sebanyak 358 formasi. “Dengan rincian tenaga pendidikan sebanyak 198, tenaga kesehatan, 99, dan tenaga teknis 61 formasi,” tandasnya.

Seperti seleksi CPNS tahun sebelumnya, tes SKD tahun ini juga akan berlangsung menggunakan komputer atau Computer Assisted Test (CAT) yang dikelola Badan Kepegawaian Negara (BKN). Dengan sistem ini akan menjamin materi tes tidak akan bocor. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts