Pemuda Tukad Mungga Gelar Lomba Metapak Barong dan Mekendang Tunggal

Singaraja, koranbulelemg.com | Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana mengapresiasi lomba metapak barong dan mekendang tunggal, yang digelar oleh Karang Taruna Dharma Yowana dan Sekaa Truna Dharma Laksana, Desa Tukadmungga, Kecamatan Buleleng di Pantai Happy, desa setempat, Jumat 13 Maret 2020.

Bupati memandang Pemuda diharapkan mampu melestarikan dan mengembangkan kesenian serta kebudayaan yang ada di Bali. Pemkab Buleleng sangat mendukung hal tersebut.

- Advertisement -

 
Bupati Agus Suradnyana menjelaskan kegiatan seperti ini perlu didukung sepenuhnya oleh pemerintah. Mulai dari pemerintahan terkecil yaitu pemerintah desa sampai kabupaten.

Apalagi kegiatan seperti ini pertama kali digelar khususnya di Desa Tukadmungga. Karang Taruna dan Sekaa Truna berkolaborasi untuk menggelar acara yang bertema budaya yaitu lomba metapak barong serta mekendang tunggal.

“Ini kolaborasi yang bagus sehingga pemuda di Desa Tukadmungga bisa berkesenian dan menunjukkan kemampuannya dalam lomba ini. Pemerintah sangat mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan oleh para pemuda,” jelasnya.

 
Dia mengapresiasi langkah yang diambil oleh Karang Taruna Dharma Yowana dan Sekaa Truna Dharma Laksana, Desa Tukadmungga ini.

- Advertisement -

Ini dikarenakan hal-hal yang bersifat pengembangan dan pelestarian kebudayaan serta atraksi penting untuk kemajuan daerah. Jangan berpikir setiap gelaran budaya dikatakan festival yang tidak jelas tujuannya.

“Justru dengan gelaran budaya atau festival tersebut ada ruang mereka untuk tampil. Ada ruang untuk berkesenian. Kalau tidak ada ruang, kapan berkembangnya kesenian. Itu sebenarnya maksud dan tujuannya,” ujar Agus Suradnyana.

 
Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, Ni Kadek Rika Pramestika Dewi melaporkan, lomba metapak barong dan mekendang tunggal ini tujuan utamanya untuk lebih memberi ruang kepada pemuda untuk berkesenian.

Selain itu, melalui kegiatan ini pula, para pemuda di Desa Tukadmungga ingin lebih memperkenalkan Pantai Happy ke dunia luar dan wisatawan.

“Kita ingin Desa Tukadmungga khususnya Pantai Happy lebih dikenal luas oleh masyarakat ataupun wisatawan baik itu domestik maupun mancanegara,” ucapnya. |R/NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts