Pesan Solidaritas Lewat Lagu Untuk Lawan Corona

Singaraja, koranbuleleng.com | Ditengah wabah Corona, optimisme itu harus tumbuh. Percaya diri untuk menekan laju pertumbuhan wabah yang sunyi ini. Setiap profesi bekerja sesuai keahliannya untuk ikut membungkam COVID 19, hingga henti.

Ada semangat baru dari musisi di Bali. Sebuah upaya untuk membangkitkan rasa dan solidaritas untuk semua warga Indonesia, termasuk di Bali yang sedang dihantui COVID 19 ini.  Sebuah lagu, ciptaan musisi Buleleng, Gde Kurniawan tiba-tiba meluncur di sosial media. “Mesikian Iraga”, Judulnya.

- Advertisement -

Bait-bait dari lagu ini dinyanyikan secara bergantian melalui aplikasi oleh sejumlah penyanyi dan seniman Bali.  Lagu ini diluncurkan untuk membangkitkan semangat dalam menghadapi situasi saat ini. Dimana kondisi sekarang pulau Bali juga sedang dilanda virus COVID 19. Tak hanya Bali, dunia pun waspada terhadap penyebaran virus yang mematikan ini.

Sebenarnya, lagu yang pernah menjadi theme song di salah satu stasiun tv di Bali tercipta sekitar tahun 2008. Akhirnya viral kembali setelah akun Gede Bagus mengunggah lagu tersebut.

“Lagu sudah lama, sekitar tahun 2008. Namun karena kondisi saat ini perlu sentuhan untukmembangkitkan semangat kita bersama melawan situasi yang terjadi saat ini, akhirnya oleh temen-temen musisi lagu ini dimunculkan kembali, ” ujar Gde Kurniawan

Kurniawan mengisahkan tentang harapan yang bisa membangkitkan semangat dalam mengahadapi situasi seperti sekarang ini.  Dengan lagu ini, ayah 3 anak ini berharap semua komponen masyarakat memiliki harapan untuk bisa terus berjuang dalam kondisi saat ini.

- Advertisement -

“Lebih ke hope, kita yakin bisa lalui semua dan semua akan baik-baik saja” ungkapnya.

Seperti inilah lagu itu.

Mesikian iraga

Song & lirik : Gde Kurniawan

Ngelah ke iraga rasa eling jati?

Menyalanin idupe keweh care jani

Menyame braye ngangsan keengsapang

Sukerta hidup ngangsan ngejohang..

Ngiring mesikian iraga, de ulian jadme aukud irage mepalasan

Ngiring suciang pikayune

Tunasang ring ida hyang kawi mangde jagat baline rahayu

Bencana ne liwat dadosang guru

Mangde irage side mekayun patut

Icalang rasa sungsut ring hati

Suciang bayu sabda lan idepe

Matur suksma ring sanghyang embang

Darma patut kukuhin pastika nyuryanin manah

Ngiring suciang pikayune

Tunasang ring ida hyang kawi mangde jagat baline rahayu

Reporter : Edi Nurdiantoro

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts