Bupati Bawa 2 Ton Beras dan 5000 Sak Semen ke Lokasi Bencana

Singaraja | Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana membawa 2 ton bantuan beras kepada warga korban Banjir Bandang di tiga desa di Kecamatan Gerokgak. Selain membawa beras, Bupati juga membawa 5000 sak semen untuk membangun jalan dusun yang rusak supaya cepat bisa teratasi.

Bantuan dua ton beras pengadaannya dari dana tanggap bencana dan dibagikan di Desa Musi dan Desa Penyabangan masing-masing satu ton. Sedangkan semen dibagikan 2.000 sak di Desa Musi dan sisanya 3.000 sak di Desa Penyabangan. 

- Advertisement -

Menurut Bupati Agus, bantuan ini diberikan secara cepat oleh pemerintah supaya semua bisa teratasi pasca bencana. Nantinya, kata Agus Suradnyana Pemkab Buleleng akan melakukan perbaikan infrastruktur di masing-masing desa yang terdampak bencana.

Perbaikan terhadap jalan sepanjang dua kilometer di Dusun Tri Amerta Desa Penyabangan akan dilakukan dengan betonisasi.

“Anggaran untuk perbaikan itu akan diupayakan dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Buleleng.” terang Agus Suradnyana saat meninjau lokasi bencana, Selasa (26/1).

Selain perbaikan akses jalan, Pemkab Buleleng juga telah mengalokasikan dana perbaikan untuk tempat suci yang rusak akibat terjangan banjir bandang. Masing masing Rp 200 Juta untuk Pura Subak dan Pura Taman di Desa Musi, Serta Rp 300 Juta dialokasikan untuk perbaikan Pura Taman Belatungan yang mengalami kerusakan parah.

- Advertisement -

“Pemerintah Kabupaten Buleleng juga akan memberikan bantuan untuk perbaikan pura yang tersapu banjir bandang, melalui anggaran Perubahan tahun 2016,” tegasnya.

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana meninjau lokasi bencana di Kecamatan Gerokgak
Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana meninjau lokasi bencana di Kecamatan Gerokgak

Selain itu, secara pribadi ia juga menurunkan sejumlah alat berat untuk membantu mengevakuasi, sisa-sisa banjir bandang, berupa kayu gelondongan, batu termasuk lumpur, yang masih menggenangi permukiman warga. Menurutnya penanganan bencana alam yang terjadi di Buleleng Barat tersebut, harus segera ditangani.

Korban bencana banjir pun diharapkan untuk tetap waspada, mengingat cuaca masih belum bisa diprediksi. Disamping itu, mereka diminta untuk tetap tenang karena pemerintah provinsi maupun pemkab Buleleng, akan membantu perbaikan termasuk janjibedah rumah dari Propinsi Bali. |RM|

 

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts