Flu Burung Mewabah, Peternak di Buleleng Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Singaraja| Mewabahnya Virus H5N1 atau Flu Burung di beberapa wilayah di Indonesia, membuat para peternak yang ada di Kabupaten Buleleng waspada.

Untuk mengantisipasi agar Flu burung tersebut tidak menyerang unggas di kabupaten Buleleng, Para peternak melakukan penyemprotan disinfektan. Seperti yang dilakukan peternak di Desa Sanggalangit Kecamatan Gerokgak. Para peternak di desa tersebut terus meningkatkan pengawasan dan perawatan kebersihan kandang, termasuk dengan melakukan penyemrotan disinfektan sebanyak dua kali dalam sehari.

- Advertisement -

Salah seorang Peternak Ayam Potong Gusti Pariyana mengaku khawatir dengan kembali mewabahnya firus flu burung ini. Ia pun telah melakukan upaya antisipasi, sehingga firus tersebut tidak menyerang unggas piaraannya, dengan melakukan pembersihan kandang.

“ya tentu saja saya khawatir pak karena kan ini mata pencaharian saya. Kalau untuk antisipasi saya selalu memberihkan kandang secara rutin, termasuk menyemprot kandang dengan disinfektan, untuk mengantisipasi virus flu burung itu,” jelasnya.

Kabid Kesehatan Hewan Distanak Buleleng Wayan Susila |Foto : Putu Wijana|
Kabid Kesehatan Hewan Distanak Buleleng Wayan Susila |Foto : Putu Wijana|

Sementara itu, hingga kini Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Buleleng belum menerima laporan adanya kematian unggas mendadak dalam julah yang besar. Namun demikian Distanak  akan memberikan perhatian khusus kepada para peternak unggas di kabupaten Buleleng.

“sampai saat ini kami belum terima laporan adanya kematian unggas yang mendadak, namun kami akan melakukan antisipasi sehingga virus H5N1 ini tidak mewabah hingga ke Kabupaten Buleleng,” Ungkap Kabid Kesehatan Hewan Distanak Buleleng Wayan Susila. |RM|

- Advertisement -

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts