Jalan Penghubung Sinabun – Sangsit Rusak Parah

Singaraja| Jalan Kabupaten yang menghubungkan Desa Sinabun dan Desa Sangsit Kecamatan Sawan dalam kondisi rusak parah. Bahkan beberapa bagian aspal jalan tersebut mengelupas hingga lapisan tanah jalan itu terlihat.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana didampingi Plt Kadis PU Buleleng Ketut Suparta Wijaya dan Kabag Humas dan Protokol Setda Buleleng Gede Supartawan meninjau langsung kondisi jalan tersebut. Orang nomor satu dijajaran Pemkab Buleleng itu melakukan peninjauan dengan menggunakan sepeda motor untuk melihat langsung kerusakan yang terjadi terhadap jalan itu.

- Advertisement -

Perbekel Desa Sinabun Kecamatan Sawan Nyoman Sumanada menjelaskan, kerusakan jalan penghubung Desa Sinabun dengan Desa Sangsit itu sudah terjadi sejak lama. Upaya untuk mengusulkan perbaikan jalan itu sudah disampaikan termasuk dalam musrenbang.

“Awalnya kan memang tidak separah sekarang rusaknya. Tapi karena belum pernah ada perbaikan sehingga sehingga kerusakannya semakin parah. Kemarin kebetulan saya menghadap Pak Bupati langsung, dan hari ini (senin/6/6) beliau melihat langsung dan berjanji untuk melakukan perbaikan tahun depan,” ujar Sumanada.

Jalan sepanjang 3,7 kilometer tersebut memang belum sempat diperbaiki oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng. Padahal, program perbaikan jalan berstatus jalan kabupaten dengan sistem tuntas sudah digulirkan sejak tahun 2015 lalu. Namun, hingga tahun 2016 ini, pagu anggaran untuk perbaikan jalan tersebut belum terpasang. Hal tersebut terjadi lantaran keterbatasan anggaran dalam ABPD Kabupaten Buleleng.

“Untuk perbaikan jalan Kabuaten memang kami lakukan secara bertahap. Ini memang karena keterbatasan anggaran dalam APBD Buleleng. Disamping itu, perbaikan jalan penghubung Desa Sinabun dengan Desa Sangsit itu belum masuk dalam skala prioritas,” jelas PLT Kadis PU Buleleng Ketut Suparta Wijaya.

- Advertisement -

PLT Kadis PU Buleleng Ketut Suparta Wijaya, mengatakan perbaikan jalan tersebut akan diprogramkan ditahun anggaran 2017 bersamaan dengan penuntasan perbaikan jalan sepanjang 1120 kilometer.

“Untuk perbaikan jalan Sinabun-Sangsit akan kita programkan ditahun anggaran 2017 mendatang. Itu juga sekalian kita menuntaskan perbaikan jalan Kabupaten sepanjang 120 km. Secara keseluruhan kita membutuhkan anggaran sebesar Rp 150 Miliar dan kita berharap ada kucuran dari Pemerintah Pusat berupa Dana Alokasi Khusus (DAK) sehingga bisa menghemat anggaran Kabupaten Buleleng,” Imbuhnya.

Sementara itu Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana meminta agar masyarakat Buleleng bisa bersabar karena perbaikan ini memang harus dilakukan secara bertahap akibat keterbatasan anggaran pemerintah. Apalagi beban untuk perbaikan jalan oleh Pemkab Buleleng semakin bertambah, karena ada seratusan kilometer jalan yang mengalami peningkatan status menjadi jalan kabupaten.

“Saya harap masyarakat bisa maklum dan bersabar. Saya pasti akan memperbaiki jalan rusak yang ada di Kabupaten Buleleng, namun harus bertahap karena anggaran kita tidak banyak. Saya juga terus berjuang agar mendapat bantuan dari pemrintah Pusat untuk melakukan perbaikan Jalan di kabupaten Buleleng,” ungkapnya.

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana memastikan tahun 2017 semua jalan yang menajdi tanggungjawab Kabupaten Buleleng akan diperbaiki sesuai komitmen awal dengan prigram tuntas. |RM|

 

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts