5.713 Dukungan Memenuhi Syarat

Singaraja, koranbuleleng.com | Verifikasi factual dokumen syarat dukungan perbaikan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Dewa Nyoman Sukrawan dan Gede Dharma Wijaya memasuki hari kedua. Data yang ada, sebanyak 5.713 dukungan dinyatakan memenuhi syarat.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Buleleng Nyoman Gede Cakra Budaya menjelaskan, salah satu kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Verifikasi Faktual ini yakni kendala mengumpulkan pendukung oleh Tim Penghubung Bakal Pasangan Calon, sehingga ada di beberapa tempat verifikasi factual dilakukan hingga malam hari.

- Advertisement -

“Verifikasi bisa dilaksanakan pada malam hari, karena memang dalam Peraturan KPU disebutkan untuk pelaksanaan verifikasi factual dilakukan selama satu hari kalender. Artinya bisa dilakukan hingga pukul 24.00,” Terang Cakra Budaya.

Menurutnya, ada beberapa acuan yang menjadi tolak ukur, terkait dengan validasi data dalam pelaksanaan verifikasi factual ini.

“Acuannya dalam verifikasi factual ini sudah jelas, yakni nama dan nomor induk kependudukan (NIK) dari pendukung. Yang dinyatakan memenuhi syarat apabila dokumen yang dibawa tim verifikasi dari KPU Buleleng sesuai dengan identitas yang dibawa oleh pendukung Bakal Paslon,” jelasnya. |NP|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts