Gong Kampanye Sudah Ditabuh, Jadwal Kampanye Hanya Diisi PASS

Singaraja, koranbuleleng.com | KPU Buleleng mendeklarasikan kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buleleng yang Berintegritas dan Damai di Taman Kota Singaraja, Jumat 4 Nopember 2016.

Deklarasi ini sekaligus sebagai pembukaan terhadap proses atau tahapan kampanye bagi pasangan calon yang telah dinyatakan lolos sebagai peserta Pilkada Buleleng, yakni Pasangan Putu Agus Suradnyana dan Nyoman Sutjidra. Nantinya, jadwal resmi kampanye hanya diisi oleh pasangan ini karena hanya diikuti oleh satu pasangan calon.

- Advertisement -

Secara resmi, Deklarasi Pilbup Buleleng yang Berintegritas dan Damai ini dibuka oleh Ketua KPU Bali, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, ST.

Dalam deklarasi ini, pasangan Petahana, Putu Agus Suradnyana dan Nyoman Sutjidra membacakan tiga poin deklarasi Pilbup berintegritas dan damai. Tiga poin deklarasi itu isinya, pertama Siap menciptakan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2017 yang berintegritas dan damai. Kedua, Mewujudkan kemajuan daerah dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Ketiga, Tunduk dan patuh terhadap perundang-undangan yang berlaku.

Dalam kesempatan tersebut, KPU juga menyerahkan alat peraga kampanye (APK) kepada pasangan calon petahana untuk dipasang di sejumlah zona yang telah ditentukan. Walaupun belum ada teknis kampanye bagi pasangan calon tunggal, KPU Buleleng mempersilahkan paslon untuk menyosialisasikan visi dan misi serta programnya kepada masyarakat.

Ketua KPU Buleleng, Gede Suardana menyatakan agar pasangan calon menggunakan kampanye sebagai wahana pendidikan politik yang bertujuan mencerdaskan pemilih, menentukan pemilih berdasarkan visi dan misi serta program kerja dari pasangan calon.

- Advertisement -

Karena itu, sosialisasi harus dilakukan oleh pasangan calon sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Jadwal kampanye telah ditentukan mulai 4 Nopember 2016 -11 Pebruari 2017, dan alat peraga akan dipasang secara bertahap.

“Kita berharap, Pilkada Buleleng berlangsung secara damai dan menghasilkan hasil pilkada yang berintegritas.” terang Suardana usai deklarasi.

Sementara itu, Calon Bupati Putu Agus Suradnyana menyatakan pemilihan dengan paslon tunggal ini  adalah hal yang baru. Ada beberapa oknum yang berusaha berkampanye supaya masyarakat kebingungan dalam memilih dengan hanya satu peserta atau satu pasangan calon.

“Ada isu orang pikir nggak usah  datang ke TPS, Pak Agus sudah pasti menang. Nah ini kan isu politik yang sengaja dibuat, biar masyarakat bingung,” kata Agus .

Menurut Agus, tim kampanye PASS akan berkampanye secara santun dan sesuai dengan aturan dan perundang-undangan. Pihaknya telah menyiapkan isu-isu strategis untuk membangun Buleleng ke depan.

Soal visi dan misi serta program, pihaknya akan melanjutkan yang sudah berjalan selama ini. Beberapa program baru akan masuk dalam daftar kampanye di Pilkada 2017 ini.

Agus menceritakan selama hampir lima tahun ini dirinya sudah pergi ke desa-desa dan menyerap aspirasi masyarakat Buleleng. Sejumlah pembangunan sudah dilakukan dengan baik dan on the track.

“Jalan desa sudah kita bangun, sarana infrastruktur lainnya seperti air bersih di Buleleng timur juga sudah dibangun. Kedepan, saya akan lebih fokus pada bidang pertanian dan bidang-bidang lainnya,” terang Agus Suradnyana.

Dalam Deklarasi Pilbup Buleleng yang Berintegritas dan Damai ini juga ditarikan tarian kolosal I Wong, yang melibatkan sekitar 200 penari dan beberapa penari wayang wong dari Desa Tejakula.  |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts