Senderan Irigasi Jebol, Warga Lakukan Perbaikan Secara Swadaya

Singaraja, koranbuleleng.com | Paska jebolnya senderan irigasi yang merendam sejumlah rumah di Lingkungan Sangket Kelurahan Sukasada memicu warga langsung melakukan gotong royong perbaikan senderan dan membersihkan sisa kerusakan, Senin, 19 Desember 2016. Beberapa warga yang rumahnya terendam air juga masih terlihat membersihkan rumah dari lumpur yang dibawa air bah.

Hujan Deras yang terjadi Sabtu 17 Desember 2016 mengakibatkan senderan subak Anyar Yeh Lapang di Lingkungan Sangket Kelurahan Sukasada jebol. Akibatnya, saluran subak tersumbat dan mengakibatkan air meluap hingga masuk ke beberapa rumah warga.

- Advertisement -

Kerusakan senderan subak jebol sepanjang 14 meter. Selain itu, sedikitnya ada lima rumah yang terendam air yang disertai dengan lumpur akibat kejadian yang terjadi sekitar pukul 21.24 wita itu. Jebolnya senderan subak yang mengairi 20 hektar lahan warga tersebut juga mengakibatkan penyengker sanggah milik salah seorang warga ikut jebol, akibat tergerus air.

Putu Resmi, salah satu warga yang rumahnya rusak akibat disapu air bah menuturkan, kejadian itu berlangsung cepat. Malam itu memang sedang terjadi hujan lebat. Tiba tiba saja air yang besar datang dan langsung masuk kerumahnya. Beruntung ia bersama keluarganya berhasil menyelamatkan diri.

“Saat senderan jebol, tiba tiba saja air besar masuk ke rumah pak, saya langsung lari. Saya tidak berani berbuat apa apa, karena airnya besar. Ini dapur saya rusak dan alat alat juga hanyut karena air subak itu pak,” Ungkapnya.

Klian Subak Anyar Yeh Lapang Made Oka Rai menjelaskan, gotong royong dilakukan krama untuk memperbaiki senderan subak secara sementara dengan menggunakan alat seadanya. Upaya ini dilakukan agar air subak kembali mengalir pada jalurnya dan tidak lagi masuk ke rumah warga.

- Advertisement -

“Ini kita gotong royong untuk penanganan sementara saja dan secara swadaya. Kita pasang patok dan bedeg, termasuk juga kita kita gunakan terpal dan karung yang dipasang dipinggir saluran subak, supaya air bisa mengalur dan tidak masuk ke rumah warga lagi,” Jelasnya.

Tidak ada korban jiwa akibat Jebolnya Senderan Subak Anyar Yeh Lapangan di Lingkungan Sangket kelurahan Sukasada ini. Namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Disisi lain, Krama subak juga berharap agar kerusakan yang terjadi ini bisa mendapat penanganan secepatnya dari pemerintah kabupaten Buleleng. |RM|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts