Pohon Tumbang Tutup Akses Jalan

Singaraja, koranbuleleng.com | Hujan Deras yang disertai angin kencang mengakibatkan sebuah pohon jamblang atau Duwet tumbang di lingkungan Sangket kelurahan Sukasada, Selasa, 20 Desember 2016. Pohon tersebut tumbang dan malintang dijalan. Akibatnya akses jalan tertutup.

Peristiwa itu terjadi sekitar Rabu dini hari. Saat itu, kondisi tengah hujan deras yang disertai dengan angin kencang, sehingga menyebabkan pohon jamblang atau duwet tumbang. Selain melintang dijalan yang megakibatkan akses jalan tertutup, pohon tersebut juga menimpa kabel listrik milik PLN dan Kabel Telpon milik Telkom. Beruntung kabel listrik itu tidak sampai terputus sehingga tidak mengganggu aliran listri ke rumah warga.

- Advertisement -

Dari pantauan koranbuleleng.com, aktivitas warga di Lingkungan Sangket Kelurahan Sukasada pada Rabu, 21 Desember 2016, sedikit terganggu akibat tumbangnya pohon tersebut. Lantaran jalan itu tidak bisa dilalui kendaraan. Untuk sementara, warga hanya memangkas ranting pohon, sehingga jalur tersebut bisa dilalui Sepeda motor. Penanganan kemudian dilakukan secara gotong royong oleh warga setempat dengan menggunakan gergaji Mesin atau Cheinsaw milik warga untuk memotong batang pohon yang berukuran cukup besar.

Kepala Lingkungan Sangket Kelurahan Sukasada Putu Mariada menjelaskan, tidak ada yang mengetahui persis kapan pohon jamblang atau duwet itu tumbang. Namun diperkirakan terjadi pada Rabu dini hari. Pihaknya juga sudah melaporkan kejadian tersebut kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng.

“Saya juga sudah lapor ke BPBD, namun tidak bisa datang, karena mereka juga menangani wilayah lain yang juga terkena bencana. Beruntung ada warga yang punya gergaji mesin, jadi kitu yang kita manfaatkan. Dan sekarang akses jalan sudah bisa kami buka kembali. Tinggal menunggu penanganan kabel listrik dan telpon saja, saya juga sudah lapor ke Pak Camat,” jelasnya.

Dari penanganan yang dilakukan warga secara gotong royong, sudah bisa membuka akses jalan, sehingga jalur tersebut sudah bisa dilalui kendaraan baik sepeda motor maupun mobil Pukul 07.30 Wita. Sementara untuk kabel telpon dan kabel listrik yang masih melintasng sementaran diikat pada sebuah tiang agar tidak mengganggu jalur tersebut, sambil menunggu petugas melakukan perbaikan.|RM|

- Advertisement -

 

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts