Didampingi Pentolan Golkar, Kampanye Surya Lontarkan 3 Program Unggulan

“Tolong dicatat niki, saya akan menggratiskan semua biaya pengobatan jika ada masyarakat menderita sakit yang tergolong ringan. Contohnya, seperti sakit kepala, panas dingin atau sakit pinggang. Nantinya masyarakat tidak perlu lagi ke rumah sakit, cukup pengobatannya dilakukan di dokter umum, bidan, juga mantri kesehatan. Terkait biaya, sepenuhnya akan ditanggung oleh pemerintah,” jelasnya.

Singaraja, koranbuleleng.com |Kampanye pasangan Surya, Dewa Nyoman Sukrawan dan Gede Dharma Wijaya di Desa Bebetin, Kecamatan Sawan menurunkan sekitar 350 warga untuk mendengarkan visi dan misi serta program kerja dari paket Independen ini, Rabu 4 Januari 2017.

Sejumlah tokoh yang hadir dalam kampanye ini adalah Sekjen DPD Partai Golkar Bali, Nyoman Sugawa Kory, Ketua DPD II Partai Golkar Buleleng Putu Singyen serta tokoh tuan rumah Gede Suparmen yang juga politisi Partai Golkar. Sementara sejumlah pentolan-pentolan dari Partai Demokrat seperti Luh Gede Herryani, Luh Hesti Ranitasari  tidak terlihat hadir dalam kampanye Surya di Desa Bebetin. Pasangan Independen ini sebenarnya didukung juga Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

- Advertisement -

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Buleleng  nomor urut  1 berdialog bersama masyarakat di Balai Serbaguna Banjar Dinas Tabang, Desa Bebetin.

Ratusan warga datang menghadiri dan mendengarkan program kerja lima tahun dari pasangan yang popular dengan jargon Tridatu itu.

Di hadapan warga, calon Bupati Buleleng, Dewa Nyoman Sukrawan, mengatakan sudah menyiapkan sejumlah program kerja untuk lima tahun ke depan jika terpilih menjadi Bupati bersama dengan I Gede Dharma Wijaya sebagai Wakil Bupati.

Sukrawan mengaku tidak mempunyai program muluk-muluk, ada tiga program unggulan yang setiap hari dibutuhkan oleh masyarakat.

- Advertisement -

“Saya tidak muluk-muluk, tidak ada program 12, 13. Sederhana dengan tiga program unggulan serta program lainnya,” ujar Sukrawan dihadapan warga.

“Jika Saya dengan Pak Dharma Wijaya terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati, tentu akan menjadikan Buleleng semakin sejahtera. Program kerja yang sudah kita siapkan kedepan di antaranya program pendidikan, pelayanan kesehatan, serta program lapangan pekerjaan, akan menjadi sektor unggulan di Buleleng,” tambah Sukrawan.

Menurutnya, Pelayanan kesehatan kepada masyarakat sangatlah penting dan program pelayanan kesehatan ini menjadi program utama bagi pasangan Surya jika terpilih. Sebab jika dilihat dari luas wilayah, banyak masyarakat yang belum mendapatkan hak pelayanan kesehatan secara maksimal.

“Tolong dicatat niki, saya akan menggratiskan semua biaya pengobatan jika ada masyarakat menderita sakit yang tergolong ringan. Contohnya, seperti sakit kepala, panas dingin atau sakit pinggang. Nantinya masyarakat tidak perlu lagi ke rumah sakit, cukup pengobatannya dilakukan di dokter umum, bidan, juga mantri kesehatan. Terkait biaya, sepenuhnya akan ditanggung oleh pemerintah,” jelasnya.

Dijelaskannya kembali, sekarang di setiap desa sudah memiliki dana pusat yang sangat besar. Nantinya jika ia terpilih akan melakukan kerjasama dengan seluruh kepala desa agar menyisihkan sebagian anggaran pusat tersebut untuk pengadaan mobil ambulance. Transportasi kesehatan berupa mobil ambulance itu bertujuan mempercepat pelayanan dan penanganan kesehatan jika terjadi hal yang bersifat darurat. Dari dana pusat seperti ADD, BKK dimana pada setiap tahunnya digelontorkan hampir berkisar Rp. 1,5 miliar nantinya akan disisihkan sebesar Rp 250 juta per tahun untuk membeli satu unit mobil ambulance.

“Jika ada warga yang harus dibawa ke rumah sakit biar cepat mendapatkan pertolongan. Bukan hanya sampai disana, nanti jika terpilih kita akan rangkul semua rumah sakit swasta di Buleleng diwajibkan menerima masyarakat tidak mampu dengan kategori kelas tiga dan semua itu gratis. Dan program JKBM dari Propinsi Bali akan kita dorong dan tambah lagi,” terangnya, dan disambut riuh tepuk tangan masyarakat.

Selain itu, jika melihat potensi sumber daya alam di Buleleng tentu belum secara maksimal tergarap dan belum seluruhnya dinikmati warga. Ia telah menyiapkan beberapa program investasi bekerjasama dengan pemerintah pusat dan juga pemerintah provinsi Bali. Salah satunya Bandara yang akan dibangun di Kabupaten Buleleng.

Desa Bebetin dan sekitarnya akan menjadi tiang penyangga keberadaan bandara di Kabupaten Buleleng. Secara otomatis ini akan memberikan keuntungan besar bagi masyarakat Buleleng khususnya bagi warga masyarakat Desa Bebetin.

“Gubernur Bali, Mangku Pastika sudah menentukan tempat bandaranya.Yakni di desa kubutambahan. Selain itu ada dua tol yang dibangun, di Kecamatan Kubutambahan dan Seririt. Bahkan kami akan bangun pasar hewan,” ungkapnya.

Lanjut Sukrawan, dalam program kerja lima tahun ke depan jika dipercayakan warga untuk memimpin Buleleng. Sesuai intruksi Gubernur Bali, pendidikan gratis dilaksanakan bukan hanya untuk para siswa yang mengenyam pendidikan di bangku Sekolah Menengah Kejuaruan.

Namun dirinya juga berharap langkah tersebut diikuti oleh para pemangku jabatan di tingkat Kabupaten. Oleh karena itu, pasangan Surya telah mengemas program pendidikan gratis. Dimulai dari tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama nantinya wajib mengenyam pendidikan dan sudah menjadi kewajiban pemerintah daerah Kabupaten Buleleng untuk memberikan pendidikan gratis tersebut.

Bahkan, dirinya berniat melakukan sebuah terobosan baru dengan mengratiskan pakaian seragam sekolah.

“Bapak, ibu, semeton tiyang tak perlu khawatir. Tiyang dengan Pak Dharma punya cita-cita yang sama. Menjadikan diri kita sejajar posisinya dengan masyarakat. Tidak ada kaya dan miskin. Sudah kita siapkan program pakaian sekolah yang nantinya digratiskan, mulai dari seragam batik, seragam merah putih, pramuka, juga pakaian olahraga. Empat stel gratis, dan dibagikan dua tahun sekali,” Tutupnya.

Sejumlah warga yang hadir dalam pertemuan itu berharap adanya terobosan baru dalam pengelolaan sumber daya alam di Buleleng. Begitu juga dengan pelayanan kesehatan dan pendidikan yang selam ini masih menjadi keluhan diharapkan bisa ditingkatkan.

“Kami berharap dengan program kerja yang sudah disiapkan oleh pasangan calon Dewa Nyoman Sukrawan-I Gede Dharma Wijaya akan membawa Buleleng tambah maju, dan sejahtera. Begitu juga dengan sektor pendidikan dan kesehatan yang diharapkan segera terwujud,” harap Gede Sumalandra warga dusun bengkel, Bebetin.|NH|

 

 

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts