Cabut Paku dan Donor Darah Serentak dari Oi

Singaraja, koranbuleleng.com | Badan Pengurus Kabupaten (BPK) Oi Buleleng menggelar Kegiatan Donor Darah, di Lingkungan Penarungan, Kelurahan Penarukan, Minggu, 8 Januari 2017. Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan secara serentak oleh Oi di seluruh Indonesia. Di Kabupaten Buleleng Oi menggandeng Sekaa Demen Tri Hita Karana Penarungan Kelurahan Penarukan.

Selain itu, aksi cabut paku di Pohon mengawali aksi donor darah tersebut. Anggota Oi bersama dengan anggota Sekaa Demen Tri Hita Karana Penarungan mencabut paku yang ada di pohon perindang di kawasan itu. Hasilnya, ratusan paku berukuran kecil hingga besar berhasil dicabut. Tidak jarang juga peserta kegiatan mengalami kesulitan saat mencabut paku pada pohon perindang.

- Advertisement -

Karena memang banyak pihak-pihak yang memanfaatkan pohon untuk memasang iklan, dengan cara memaku iklan itu dipohon menggunakan paku berukuran besar dan menancapkan terlalu dalam. Selain mencabut paku, aksi bersih-bersih lingkungan juga mewarnai kegiatan tersebut dengan menyasar wilayah lingkungan Penarungan dan sekitarnya.

Usai Cabut paku dan bersih bersih lingkungan, kegiatan berlanjut dengan Donor darah oleh Anggota Oi Buleleng bersama Sekaa Demen Tri Hita Karana Penarungan dan beberapa warga, bekerjasama dengan PMI Kabupaten Buleleng. Sebanyak 34 kantong darah berhasil terkumpul dalam kegiatan tersebut.

Didampingi Ketua Badan Pengurus Wilayah (BPW) Oi Bali Komang Andi Wirawan, Ketua BPK Oi Kabupaten Buleleng Ketut Sukayasa Saputra menjelaskan, aksi donor darah ini merupakan kegiatan yang serentak oleh seluruh jajaran Oi di Indonesia. Agenda ini merupakan salah satu agenda rutin yang digelar perkumpulan para penggemar Iawan Fals.

Menurut Pria yang akrab disapa Iwak ini, Oi merupakan organisasi kemasyarakatan yang berkomitmen untuk begerak dalam bidang lingkungan dan social. Menurutnya, OI akan selalu siap membantu masyarakat dalam kegiatan sosial. Mengingat OI dibentuk sebagai ormas yang bergerak dibidang sosial dengan prinsip Seni, Olahraga, Pendidikan, Akhalk dan Niaga disingkat SOPAN.

- Advertisement -

“Komitmen Oi ini jelas, bahwa kami bergerak untuk kepentingan menjaga lingkungan dan kegiatan social. Jadi siapapun yang akan bergerak untuk melaksanakan program itu kami akan selalu mendukung, dan siap untuk membantu masyarakat,” Jelasnya.

Disisi lain, Kegiatan Donor darah yang dirangkaikan dengan Cabut paku dan bersih bersih lingkungan merupakan langkah awal untuk kembali membangkitkan rasa memiliki bagi warga lingkungan Penarungan khususnya. Sekaa Demen Tri Hita Karana Penarungan dibentuk sebagai upaya untuk kembali mempersatukan warga lingkungan Penarungan. Semeton Penarungan Mesikian yang terlahir bulan Nopember 2016 lalu merupakan momentum kebangkitan, dengan bersatunya kembali para tokoh generasi tua dan generasi muda setempat.

Ketua Sekaa Demen Tri Hita Karana Penarungan Gede Wiartana menjelaskan, kegiatan aksi bersih lingkungan dan donor darah dimaksudkan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat dalam turut serta menjaga lingkungan.

“Saya rasa kegiatan ini sangat bagus, untuk memotivasi kami tentunya dan masyarakat Buleleng secara umum. Hampir lima tahun kami tidak pernah melakukan aksi bersih-bersih seperti ini,” ujarnya.|RM|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts