Warga Banjar Adat Sidayu Pastikan Dukung PASS

Singaraja, koranbuleleng.com | Warga Banjar Adat Sidayu, Desa Pekraman Penarukan mendeklarasikan dukungan politiknya dalam Pilkada Buleleng 2017 untuk pasangan nomor urut 2 Putu Agus Suradnyana dan Nyoman Sutjidra (PASS). Dukungan bulat ini akan diarahkan untuk kembali memilih PASS guna memimpin Buleleng periode kedua.

Deklarasi Warga Banjar Adat Sidayu terhadap PASS terdiri dari berbagai elemen kemasyarakatan seperti  kelompok dari tokoh spiritual, Organisasi Tim Pengerak PKK, Karang Taruna, dan tokoh masyarakat. Deklarasi itu dilakukan setelah komponen masyarakat melakukan pertemuan warga di Balai Banjar Adat Sidayu, Minggu 5 Pebruari 2017.

- Advertisement -

Pertemuan dipimpin Kelian Banjar Adat Sidayu Ketut Mujana Yasa didampingi prajuru desa pakraman setempat serta dihadiri dihadiri anggota DPRD Buleleng asal Kelurahan Penarukan Dewa Mangku Gede Sugiarto.

Kelian Banjar Adat Ketut Mujana Yasa mengatakan, alasan warga mendukung PASS dalam Pilkada Buleleng 2017 ini karena menilai pasangan ini sudah melakukan pembangunan yang cukup bermanfaat bagi warga Buleleng.

Sejumlah upaya pembangunan yang sudah dilakukan seperti pembangunan infrastruktur jalan secara tunas di hamper sleuruh desa di Kabupaten Buleleng, pelayananan kesehatan serta pendidikan serta lainnya. Bantuan sosial juga diberikan kepada sejumlah kelompok masarakat sesuai dengan keperluannya. Warga berharap bantuan-bantuan sosial itu bisa terus diwujudkan oleh PASS pada masa kepemimpinannya yang kedua kali.

Termasuk keinginan dari warga Banjar Adat Sidayu yang berharap bisa diberikan bantuan seperangkat gamelan untuk melengkapi sarana upacara adat di Banjar adat Sidayu. Pihak banjar adat berharap, PASS bisa memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh warga Banjar Adat Sidayu untuk memiliki seperangkat gamelan, terwujud pada kepemimpinan PASS kedua kali.

- Advertisement -

“Ini keinginan murni warga mempersatukan diri mendukung PASS karena memang sudah banyak keberhasilan dalam membangun di daerah. Kami sangat mengharapkan kalau ini paket ini terpilih agar kami dibantu seperangkat gong,” katanya.

Sementara Anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan Dewa Mangku Gede Sugiarto mengaku bangga dengan masyarakat setempat untuk membulatkan dukungan politiknya terhadap pasangan PASS yang diusung oleh PDI Perjuangan dan Partai Nasdem. Dirinya berharap, dukungan politik terhadap PASS juga bisa dilkaukan di banjar adat lain di desa lainnya.

“Saya bangga dan baru kali ini warga banjar adat mendeklarasikan diri mendukung, dan ini sangay baik dan harapannya bisa mengimbas ke banjar lain,” jelasnya.

Sementara itu salah seorang tokoh masyarakat Wisnu juga menyarankan agar kegiatan pesantian di banjar adat atau di kelompok dadia dikembangkan. Ini penting untuk membentuk generasi dalam mencintai dan melestarikan masalah budaya pesantian. Selain itu, dalam pertemuan warga itu juga diusulkan bantuan mobil operasional untuk kegiatan adat di desa pekraman. |tim|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts