Kementerian Kesehatan Tetapkan RSUD Buleleng Sebagai RS Pendidikan

Singaraja, koranbuleleng.com | Kementerian Kesehatan RI telah menetapkan RSUD Buleleng sebagai rumah sakit pendidikan satelit. Penetapan ini dituangkan dalam SK Kementerian Kesehatan bernomor : HK 02.02.1.0566/2017.

Selain itu, RSUD Buleleng mendapatkan sertifikat sebagai rumah sakit dengan klasifikasi dan standar rumah sakit pendidikan.  SK Penetapan sebagai RS Pendidikan dan sertifikat klasifikasidan standar  RS Pendidikan ini diterima langsung oleh Wakil Bupati Buleleng, dr. Nyoman Sutjidra, Sp.OG di Kantor Dirjen Pelayanan, Kementerian Kesehatan Ri di Jakarta,Jumat 10 Maret 2017.

- Advertisement -

Wakil Bupati Buleleng, dr. Nyoman Sutjidra, Sp.OG mengatakan dengan ditetapkannya RSUD Buleleng sebagai rumah sakit pendidikan maka akan lebih mempermudah untuk proses pendirian Fakultas Kedokteran di Universitas Pendidikan Ganesha atau Undiksha.

Pendirian Fakultas Kedokteran di Undhiksa memang menjadi harapan banyak kalangan, baik akademisi, maupun Pemerintah Kabupaten Buleleng. Wavana pendirian Fakultas Kedokteran ini bahwa sudah tercetus lama, namun prosesnya baru bisa berjalan maksimal sampai saat ini.

Salah satu syarat bagi sebuah perguruan tinggi untuk mendirikan Fakultas Kedokteran yakni harus mempunyai pendamping dari perguruan tinggi yang mempunyai Fakultas Kedokteran dengan nilai akreditasi A.  Disebutkan, Universitas 11 Maret akanmenjadi pendamping Undiskha selama proses pendirian Fakultas Kedokteran.

“Nanti akan segera ada visitasi dari RS Pendidikan Universitas 11 Maret dari Solo. Tentu kami akan kembali mempersiapkan hal ini, berkomuniasi dengan pihak rektorat Undhiksa juga untuk bisa segera merampungkan proses selanjutnya,” terang Sutjidra saat duhubhugi melalui layanan telepon, Jumat 10 maret 2017.

- Advertisement -

Sutjidra berharap koordinasi dankomunikasi yang dilakukan Pemkab Buleleng dan pihak undhiksa bisa berjalan dengan baik sehingga Fakultas kedoktean benar-bnar bisa didirikan dengan lancar.

Dampaknya, kata Sutjidra jika sudah ada Fakultas Kedokteran tentunya akan lebih mengukuhkan Singaaja sebagai kota Pendidikan di Indonesia. Selain itu, dari sisi ekonomi diprediksi Buleleng bisa berkembang dengan pesat. |NP|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts