Bulan Bakti Gotong Royong Momen Bangun Desa

Singaraja, koranbuleleng.com | Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana membuka Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-XV di Pantai Desa Kerobokan, Rabu 16 Mei 2018. Bulan Bhakti Gotong Royong juga dirangkai dengan Hari Kesatuan Gerak PKK-KB Kesejahteranke-46.

Momen Bulan Bakti Gotong Royong merupakan momen bersma dalam membangun desa melalui basis kesetaikawanan sosial, pemeberdayaan masyarakat desa dan gotong royong.

- Advertisement -

Menurt Bupati, pelaksanaan bulan bakti gotong royong masyarakat merupakan upaya untuk menggelorakan semangat kesetiakawanan sosial serta momen untuk menggerakkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan desa.

Bulan bakti gotong royong didasari tiga pertimbangan utama yaitu memperkuat integrasi sosial dalam kehidupan masyarakat, meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan yang berlandaskan gotong royong serta ke swadayaan masyarakat dan meningkatkan upaya pemberdayaan masyarakat agar masyarkat mampu membangun diri dan lingkungan secara mandiri.

“Agar semua komponen di Desa ikut bersama merancang program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dengan menitikberat pada usaha ekonomi produktif, “ ujar Agus Suradnyana.

Bupati melanjutkan melalui gerakan swadaya dan gotong royong, masyarakat dapat menikmati hasil pembangunan serta mampu mewujudkan program Buleleng smile. Dampaknya, yang juga nantinya mampu meningkatkan derajat kehidupan kaum perempuan, dalam hal ini ibu rumah tangga.

- Advertisement -

Sementara, Kepala Dinas PMD Kabupaten Buleleng, Ketua Panitia I Gede Sandhiyasa melaporkan agenda Bulan Bakti Gotong Royong ini untuk mendorong partisipasi masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan menuju penguatan integritas sosial.

Hal ini juga telah diatur Peraturan Menteri dalam Negeri No. 42 tahun 2015 tentang pedoman penyelenggaraan BBGRM.

Sandhiyasa menambahkan kegiatan ini di selenggarakan setiap tahun pada bulan Mei, dengan berbagai kegiatan seperti gotong royong, pembinaan sosial dan penyuluhan pelayanan – pelayanan kepada masyarkat dan pameran hasil kerajinan masyarkat desa.

Dalam kesempatan tersbeut, Bupati Agus Suradnyana juga menyerahkan bantuan secara simbolis berupa Paket PMT TB, paket PMT untuk ibu hamil, 30 paket sembako kepada lansia, 40 paket makanan tambahan bagi anak usia dini dan menyerahkan piala piagam penghargaan bagi pemenang lomba KUR dalam rangka HUT Kota Singaraja ke- 414.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng Ny. Aries Suradnyana yang juga selaku Bunda PAUD Kab. Buleleng, Kepala OPD, Camat. |R|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts