13 Bidan Terima SK CPNS

Singaraja, koranbuleleng.com| Penantian panjang Bidan yang berstatus Pegawai Tidak Tetap (PTT) akhirnya berbuah manis, ketika mereka menerima SK Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Penyerahan SK itu dilakukan usai Upacara Hari Kebangkitan nasional di Halaman Kantor Bupati Buleleng Senin, 20 Mei 2019.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana menyerahkan langsung SK CPNS itu kepada 13 Bidan PTT. Seteah menerima SK, mereka selanjutnya melaksanakan tugas sebagai Bidan Desa, sesuai dengan SK penempatan. Menariknya, 13 Bidan yang mendapatkan SK ini adalah mereka yang sebelumnya dinyatakan tidak memenuhi syarat dalam proses seleksi CPNS di tahun 2016 lalu.

Saat itu, proses seleksi diikuti oleh 57 Bidan PTT. Setelah proses seleksi administrasi, yang dinyatakan memenuhi syarat dan lolos dalam seleksi CAT hanya berjumlah 44 orang. Sementara 13 lainnya tidak memenuhi syarat karena terkendala batas usia maksimal.

Selanjutnya, mereka pun mendapatkan kesempatan untuk diangkat sebagai CPNS, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI tertanggal 18 Maret 2019, tentang Penyampaian Penetapan Kebutuhan/Formasi PNS di Lingkungan Pemerintah Daerah Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 25 Tahun 2018.

Wakil Bupati Buleleng dr I Nyoman Sutjidra menjelaskan, 13 Bidan PTT yang kini telah menerima SK PNS merupakan usulan dari Pemerintah Kabupaten Buleleng sesuai dengan Keputusan Presiden tentang Jabatan Dokter, Dokter Gigi, dan Bidan sebagai jabatan tertentu dengan batas usia pelamar paling tinggi 40 tahun.

Dimana mereka yang diangkat sebagai PNS hanya diperuntukkan bagi mereka yang telah mengikuti seleksi CPNS pada tahun 2016 lalu.

“Jadi memang ada keistimewaan, karena 13 Bidan PTT ini diangkat sebagai CPNS tanpa mengikuti proses seleksi. Sekarang kita mendapatkan SK-nya dan mereka didistribusikan sesuai dengan dimana kekurangan tenaga bidan,” Jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buleleng gede Wisnawa menjelaskan, setelah menerima SK CPNS, 13 Bidan ini selanjutnya akan segera mengikuti tahapan Pra Jabatan. Terkait waktunya, pihaknya masih melakukan koordinasi.

“Untuk waktunya dari hasil komunikasi beberapa waktu lalu memang masih tentative. Tapi pastinya tahun ini, mungkin paling lambat Bulan Desember ini,” ujarnya.

Disisi lain, 13 Bidan yang telah menerima SK sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil tidak bisa menyembunyikan rona kebahagiaan dari wajah mereka. Terlebih lagi, ini merupakan penantian panjang sejak belasan tahun lalu, dimulai sejak mereka berjuang bersama puluhan Bidan PTT yang telah terlebih dahulu diangkat sebagai PNS.

Salah satunya diungkapkan Komang Sri Candrawati. Bidan Desa yang bertugas di Desa Sinabun Kecamatan Sawan ini sudah mengabdikan dirinya sebagai PTT sejak tahun 2007 lalu. Ia pun mengaku senang jika perjuangannya selama ini membuahkan hasil yang baik. |RM|