Pesawat Latih Tergelincir di Bandara Letkol Wisnu

Pesawat Cessna 182 milik BIFA sempat tergelincir dan keluar dari lintasan terbang di Bandara letkol Wisnu, Desa Sumberkima, Gerokgak. |FOTO : ISTIMEWA|

Singaraja, koranbuleleng.com|Pesawat latih jenis Cessna 182 milik Bali International Flight Academy (BIFA) tergelincir di runway Bandara Letkol Wisnu, Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak, Senin 24 Juni 2019.

Pesawat tersebut nyaris menabrak tembok sebagai pembatas bandara. Informasi yang berkembang, pesawat ini sempat alami pecah ban hingga akhirnya tergelincir.

Sebelum kecelakaan terjadi, pesawat tersebut digunakan latihan siswa BIFA yang diawaki oleh instruktur Capten Kunal dengan mengajak seorang siswa. Sesi latihan dimulai sekitar pukul 11.00 wita dengan penerbangan lokal.

Pesawat take off sekitar pukul 11.15 wita, dengan proses latihan sekitar satu jam dan kembali sekitar pukul 12.00 wita.

Saat landing, tiba-tiba pesawat mengalami pecah ban di landasan pacu sehingga pilot tidak bisa mengendalikan pesawat.  Pesawat meluncur ke luar lintasan, dan berhenti beberapa meter dari tembok lapter setelah ban depan pesawat masuk dalam selokan.  Jarak ujung bagian kepala pesawat hanya beberapa centimeter saja dengan tembok Lapter.

Kepala Lapter Letkol Wisnu, Made Mustanda saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon membenarkan kejadian tersebut.

Saat ini, peristiwa kecelakaan tersebut sudah dilaporkan, dan akan diselidiki lebih lanjut oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). “Besok KNKT akan turun menyelidiki kejadian itu,” ujarnya singkat. |RM|