Disdikpora Gelar FLS2N Cetak Siswa Berprestasi

Singaraja, koranbuleleng.com | Puluhan siswa mengikuti Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat SMP se-Kabupaten Buleleng tahun 2019 yang digelar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Senin 24 Juni 2019.

Agenda ini merupakan agenda tahunan untuk melahirkan bibit-bibit siswa berprestasi.  Tahun ini, dengan mengambil tema “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kreativitas Siswa di Bidang Seni Budaya” 

- Advertisement -

Beberapa kegiatan diantaranya menampilkan lomba Gitar duet diikuti oleh 6 peserta . Dalam lomba gitar duet ini peserta diwajibkan membawakan tiga jenis lagu diantaranya, Lagu Wajib Klasik: F.Carulli-Moderato, 24 Duo Progresif No.1, 7 dan 13, kedua, Lagu Populer Aransemen Bendera by Coklat Keep it Simple by Tommy Emmanuel, serta lagu Daerah Aransemen. Sedangkan untuk waktu tampil maksimal hanya delapan menit.

Selain lomba gitar duet,juga ada Lomba Menyanyi Solo diikuti 18 peserta. Peserta harus menyanyikan 2 lagu, yaitu lagu Wajib “Anganku Anganmu” dari Isyana Saraswati dan Raisa. Sementara lagu pilihan yakni lagu daerah.

Dalam Kegiatan ini tampak hadir Kabid Pembinaan SMP, I Nyoman Sutama, S.Pd, M.Pd didampingi Kasi Peserta Didik SMP, Putu Primasuta, S.Sn.

“Jika dilihat secara umum kegiatan FLS2N tidak hanya berorientasi pada kompetisi peserta didik, namun esensinya terletak pada nilai pendidikannya,” ujar Sutama.  

- Advertisement -

Menurutnya, nilai pendidikan itu menjadikan kegiatan ini sebagai pengalaman belajar (learning experience) terutama dalam hal olah pikir, olah hati dan olah rasa.

Selain itu FLS2N diharapkan juga dapat mengembangkan sikap dan kepribadian, sikap saling menghargai, saling menghormati, solidaritas dan toleransi.

Beberapa peserta yang mampu menjuarai lomba duet gitar yakni Juara 1 diraih SMP Negeri 1 Singaraja, Juara 2 diraih oleh SMP Negeri Lab Undiksha, Juara 3 diraih oleh SMPN Satap Gerokgak, Juara harapan 1 diraih SMP Negeri 6 Singaraja, Juara harapan 2 diraih SMPN 4 Singaraja dan Juara harapan 3 diraih oleh SMPN 2 Sukasada.

Sementara juara menyanyi solo, juara 1 diraih oleh  Azriel Timothy dari SMP Negeri 2 Singaraja, Juara 2  Kadek Gita Dwi Jayanti dari SMP Negeri 7 Singaraja, Juara 3 diraih Kadek Christian Paramartha dari SMPN 6 Singaraja, dan juara harapan Pande Putu Sandy Aprilyanti – Smpn 1 Sawan.

Sementara hari kedua, diadakan Lomba Festival Tari Kreasi bertempat di Gedung Sasana Budaya, Singaraja, Selasa 25 Juni 2019. |NP/R|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts