134 Napi Terima Remisi Kemerdekaan

Singaraja, koranbuleleng.com| Sebanyak 134 orang narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Singaraja Kabupaten Buleleng mendapat remisi umum peringatahan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia. SK remisi diserahkan secara simbolis oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, Sabtu, 17 Agustus 2019.

SK Remisi itu diserahkan dalam pelaksanaan upacara peringatan HUT RI di Lapangan Lapas kelas II B Singaraja. Kegiatan upacara tersebut juga dihadiri Forung Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Buleleng.

- Advertisement -

Mentri Hukum dan HAM RI dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengatakan, bahwa Kemerdekaan menjadi milik segenap lapisan masyarakat khusunya para warga binaan pemasyarakatan.

“Oleh karena itu, pada hari Kemerdekaan Pemerintah memberikan apresiasi berupa pengurangan masa tahanan (Remisi) bagi narapidana yang telah menunjukan prestasi, dedikasi, dan disiplin tinggi dalam mengikuti program pembinaan serta telah memenuhi syarat di tentukan” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas II B Singaraja Risman Somantri mengatakan, ratusan narapidana di Lapas yang Ia pimpin mendapatkan remisi antara satu bulan hingga enam bulan. Mereka sebelumnya diusulkan oleh pihak lapas dan mendapat persetujuan untuk mendapatkan remisi.

“Jadi setelah memiliki kekuatan hukum tetap dan menjalani masa penahanan, mereka wajib untuk berkelakuan baik selama enam bulan. Barulah akan kami usulkan untuk mendapatkan remisi,” jelasnya.

- Advertisement -

Sementara itu, Putu Ayu Lestari terpidana 11 Tahun penjara karena kasus narkoba ini menjadi salah satu yang mendapatkan remisi. Sesuai dengan SK, Ia mendapatkan remisi selama tiga bulan. Ia pun mengaku bersyukur karena mendapat pemotongan masa tahanan di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini.

“Saya sudah menjalani masa tanahan selama dua tahun, dan sisanya masih Sembilan tahun lagi pak. Ya tetap bersyukur, karena disini kami dibisa untuk menjadi lebih baik. Dan saya sudah bertekad saat saya bebas nanti, saya harus menjadi lebih baik, karena saya akan kembali ke keluarga,” katanya. |RM|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts